Partisipasi Pemilih di Kota Probolinggo Meningkat pada Pemilu 2019

MAYANGAN – Partisipasi pemilih dalam pelaksanaan Pemilu 2019, di Kota Probolinggo, membaik. Dibanding tahun 2014, meningkat 2,9 persen dan 82 persen menjadi 84,9 persen.

Hal yang sama juga terjadi untuk pelaksanaan Pilpres. Meningkat 10,1 persen. Pada 2014 hanya tercatat 77 persen dan dalam Pilpres 2019, partisipasi pemilih mencapai 87,1 persen.

“Bahkan, untuk Jawa Timur, Kota Probolinggo peringkat ke dua partisipasi pemilih terbesar di Jawa Timur,” ujar Koordinator Divisi SDM, Partisipasi Masyarakat, dan Sosialisasi Pendidikan Pemilih KPU Kota Probolinggo Radfan Faisal.

Meningkatnya partisipasi pemilih ini karena lebih intensifnya sosialisasi yang dilakukan KPU. Yakni, dengan menyasar pada 11 segmen pemilih. Di antaranya, basis keluarga, pemilih pemula, pemilih muda, pemilih perempuan, dan penyandang disabilitas.

“Dalam tahapan sosialisasi Pemilu kemarin, KPU melibatkan Relasi untuk menyosialisasikan kepada 11 segmen basis pemilih. Sehingga, sosialisasi lebih intens kepada masyarakat,” ujarnya. (put/rud)