KONI Kab Pasuruan Targetkan 30 Medali Emas di Ajang Porprov

PASURUAN – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Pasuruan mematok target puluhan medali emas, perak, dan perunggu dalam Porprov Jawa Timur 2019. Puluhan medali emas yang diharapkan diraih setiap cabang olahraga yang turut bertanding.

Pemkab Pasuruan juga menyiapkan bonus bagi para atlet yang berhasil menyandang gelar juara sebagai bentuk apresiasi. Ketua KONI Kabupaten Pasuruan Mulyadi mengaku, optimistis bisa meraih 30 medali emas, 23 medali perak, dan 25 medali perunggu.

Puluhan medali itu diupayakan bisa diraih oleh 251 atlet dari 23 cabang olahraga (cabor) yang dikirim ke ajang Porprov. “Target ini sangat realistis. Tidak dipatok begitu saja. Melainkan dengan berbagai pertimbangan dan penilaian kompetensi atlet di masing-masing cabor,” ujar Mulyadi.

Target perolehan medali itu digadang-gadang pada beberapa cabang olahraga. Di antaranya, selam, judo, karate, bulu tangkis, panahan, kempo, pencak silat, dan aeromodeling. Lalu, taekwondo, tenis meja, renang, catur, sepak bola, dan bridge.

Mulyadi menjelaskan, pihaknya juga memiliki dua cabor baru yang menjadi andalan. Petanque dan muaytai. “Kami targetkan dapat meraih 1 emas, 1 perak, dan 1 perunggu untuk cabor petanque. Serta, 2 emas, 1 perak, dan 1 perunggu untuk cabor muaytai,” ujarnya.

Target perolehan medali itu juga mengacu pada capaian prestasi pada Porprov 2015. Saat itu kontingen Kabupaten Pasuruan berhasil merangsek pada peringkat delapan dengan 15 medali emas, 13 medali perak, dan 29 medali perunggu. “Dalam Porprov tahun ini, kami targetkan bisa naik menjadi peringkat ke tujuh. Ini, sangat realistis dan kami optimistis,” ujarnya.

Jumat (28/6), ratusan atlet yang akan bertanding pada 6-13 Juli itu telah resmi dilepas dalam Pelepasan Kontingen Kabupaten Pasuruan di Pendapa Kabupaten Pasuruan. Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf meyakini mereka akan pulang dengan prestasi yang memuaskan.

Pihaknya juga menyiapkan dana tambahan sebagai bonus kepada atlet peraih juara. Besarannya beragam. Peraih medali emas akan diberikan bonus Rp 35 juta, peraih perak Rp 10 juta, dan senilai Rp 5 juta untuk peraih perunggu. “Bonus yang kami siapkan ini sebagai apresiasi kami kepada atlet-atlet berprestasi. Agar mereka lebih semangat dalam bertanding demi mengharumkan nama Kabupaten Pasuruan,” katanya. (tom/fun)