Kemenhub Pastikan Stasiun Baru Tak Dibangun di Gempol

DEKAT BEJI: Kereta api yang berhenti di stasiun Bangil beberapa waktu lalu. Lantaran jarak Gempol dekat dengan Bangil, maka Kemenhub memutuskan, stasiun pengganti di Porong, dibangun di Krembung, Sidoarjo. (Dok. Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

GEMPOL – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) angkat bicara terkait wacana pembangunan stasiun baru untuk pengganti di Porong. Kemenhub memastikan, pembangunan stasiun pengganti di Porong, tak berlokasi di Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan.

Kepastian itu terungkap sejalan dengan rencana penetapan bidang sekaligus pengukuran, untuk relokasi jalur rel Kereta Api (KA) Gununggangsir–Sidoarjo. Kemenhub menilai, Gempol tidak termasuk dalam usulan untuk pembuatan stasiun, dan juga terbentur jarak dengan stasiun terdekat yakni Bangil.

“Di proyek relokasi jalur rel KA ini, wilayah Kabupaten Pasuruan khususnya Kecamatan Gempol tidak masuk dalam usulan,” jelas Totok Hariyanto, koordinator lapangan dari Kemenhub RI Dirjen Perkeretaapian wilayah jawa bagian timur.

Jika pembangunan relokasi jalur rel KA ini tuntas. Maka setiap KA tidak lagi melintas di stasiun Porong. Sebagai penggantinya, Kemenhub RI Dirjen Perkeretapian wilayah Jawa bagian timur membangun stasiun baru di wilayah Kabupaten Sidoarjo. Tepatnya di Rejeni, Krembung.

“Ini (lokasi di Krembung) sudah masuk dalam penetapan lokasi dan disetujui oleh Gubernur Jatim,” ungkapnya. (zal/fun)