Sesuaikan Jadwal BPCB, Ekskavasi di Dusun Kalongan Diundur

PRIGEN – Rencana ekskavasi yang sempat dijadwalkan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Pasuruan terhadap struktur batu bata di Dusun Kalongan, Desa Candiwates, Prigen, sempat dijadwalkan akan dilakukan Juli ini. Rencana itu baru bisa digelar Agustus mendatang.

Rencana tersebut diundur lantaran Disbudpar masih harus menyesuaikan jadwal Balai Besar Cagar Budaya (BPCB) Jatim. Saat ini BPCB masih sedang melakukan kegiatan di daerah lain.

Hal ini disampaikan langsung kabid seni dan budaya Disparbud Kabupaten Pasuruan Nurul Hudayati, saat di hubungi Jawa Pos Radar Bromo via telepon kemarin (26/6). “Awalnya memang diagendakan pada Juli, ternyata Juli tidak bisa dan kami undur Agustusnya dan insya allah sudah final,” ucapnya.

Disbudpar memang menggandeng BPCB untuk proses ekskavasi. Sehingga karena BPCB punya kegiatan lain yang lebih penting, maka rencana awal harus diundur satu bulan berikutnya.

Disbudpar sudah koordinasi langsung dengan BPCB Jatim. Dan BPCB menyanggupi jika proses ekskavasi struktur batu bata Kalongan ditempuh pada Agustus. “Kami harus menyesuaikan dengan agenda dari BPCB Jatim, karena dalam proses ini di-handle instansi tersebut. Nantinya melibatkan ahli seperti arkeolog, diterjunkan langsung ke lapangan,” tukasnya.

Adapun dalam kegiatan eskavasi ini, ia sebutkan tetap dianggarkan dari APBD kabupaten ini. Nilainya tak banyak, hanya Rp 35 juta saja. Anggaran itu diusulkan pada tahun lalu dan realisasinya di tahun ini. (zal/fun)