Perbaikan Jalan di Wilayah Gempol Sudah Tergarap 70 Persen

DIKEBUT: Pekerja menyelesaikan proyek peningkatan jalan nasional jurusan Surabaya-Malang di sisi barat bundaran Apollo, Desa Karangrejo, Kecamatan Gempol, Kamis (27/6) siang. (Foto: Rizal F Syatori/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

GEMPOL – Setelah sempat libur selama dua pekan, proyek peningkatan jalan nasional jurusan Surabaya–Malang kembali dilanjut. Pekerjaan fisiknya bahkan dikebut setiap harinya oleh Balai Besar Pemeliharaan Jalan Nasional (BBPJN).

“Sekarang untuk peningkatan jalan nasional di Gempol, progresnya sudah mencapai 70 persen. Sisanya tinggal 30 persen dan dalam proses,” ungkap Daniel Richard, kaur tata usaha BBPJN VIII Surabaya.

Perbaikan jalan ini dibiayai sepenuhnya dari APBN sekitar Rp 15 miliar. Untuk titik yang sudah tuntas di wilayah Gempol, ia sebutkan di Kepulungan, Ngerong. Sebagian lagi di kawasan Karangrejo di barat bundaran Apollo. Sementara yang belum tersisa sekitar 30 persen. Lokasinya berada mulai dari bundaran Apollo ke utara, hingga Arteri, Desa Kejapanan.

Adapun targetnya untuk peningkatan jalan nasional di wilayah Gempol ini, ia tegaskan harus tuntas paling lama sebelum akhir tahun. BBPJN optimistis bisa diselesikan antara Agustus atau September.

“Total peningkatan jalannya delapan kilometer sisa yang belum tuntas sekitar tiga kilometer. Masing-masing tidak dipukul rata, tapi di titik atau spot tertentu saja. Yakni kerusakannya paling parah, baik bergelombang maupun berlubang,” jelasnya.

Selama perbaikan dilanjut, pengendara yang melintas di lokasi diharap bersabar. Sebab, perbaikan melibatkan alat berat. Sehingga terkadang membuat arus lalulintas tersendat. (zal/fun)