Pedagang Pasar Buah Semampir Segera Dikenakan Retribusi

KRAKSAAN- Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Probolinggo berencana akan mengenakan retribusi kepada pedagang di Pasar Buah Semampir. Rencana ini akan segera dilakukan untuk menaikan pendapatan asli daerah (PAD) dari retribusi pasar.

Kabid Pasar Disperindag Kabupaten Probolinggo Andi Wiroso mengatakan, sudah selayaknya Pasar Buah Semampir ditarik retribusi. Sebab, sejak berdiri, pihaknya belum pernah menarik retribusi. Karenanya, ke depan pihaknya akan mulai menarik retribusi. “Belum pernah sama sekali. Untuk menaikan PAD, tentu akan kami kenakan retribusi,” ujarnya.

Menurutnya, pihaknya masih akan mengumpulkan para pedagang pekan depan. Tujuannya, membahas mengenai retribusi yang akan dibebankan. Andi mengaku, akan menyambangi pedagang ke tempat mereka berjualan. “Sekalian mengecek pasar bagaimana kondisinya,” ujarnya.

Namun, Andi mengaku, sejauh ini pihaknya belum memastikan apakah akan ditarik secara bulanan atau harian. Itu, karena pihaknya belum memutuskan bentuk lapak para pedagang. Apakah termasuk bedak atau kios. Sebab, kedua jenis bendak itu retribusinya berbeda. “Masih kami dalami. Kami belum mengetahui bentuknya. Karena setelah diserahkan kepada kami oleh instansi yang membangun, kami belum mengetahui bentuknya,” ujarnya. (sid/fun)