KPU Mulai Bahas Kebutuhan Anggaran Pilwali Kota Pasuruan 2020

PASURUAN – Kota Pasuruan bakal menghadapi pesta demokrasi pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota pada 2020 mendatang. Saat ini, KPU setempat mulai menyiapkan kebutuhan anggaran yang akan digunakan.

“Sekarang kami masih menyusun kebutuhan anggaran di internal KPU. Ini nanti yang akan dipergunakan untuk kebutuhan Pilwali 2020,” ungkap Ketua KPU Kota Pasuruan, Royce Diana Sari.

KPU telah membahas soal kebutuhan anggaran itu sejak memasuki bulan Juni. Diharapkan pembahasan itu dapat segera selesai. Sehingga besaran anggaran yang dibutuhkan juga dapat diketahui.

“Kami masih belum bisa memastikan berapa besaran yang dibutuhkan. Karena proses pembahasannya sekarang masih berlangsung,” ujarnya.

Royce juga mengaku sejauh ini belum ada komunikasi yang dilakukan dengan Pemkot Pasuruan. Akan tetapi jika pembahasan mengenai anggaran itu rampung, akan segera ditindaklanjuti ke Pemkot.

Ia menargetkan pembahasan anggaran itu rampung pada September mendatang. Sehingga KPU dapat mengajukan permintaan dana hibah ke Pemkot.

“Prosesnya panjang. Setelah selesai di internal KPU. Kami komunikasikan dengan BPKA baru hearing dengan dewan. Selanjutnya, baru membuat naskah perjanjian hibah daerah dengan wali kota,” bebernya.

Untuk diketahui, besaran anggaran dana hibah Pemkot kepada KPU dalam Pilwali 2015 lalu sebesar Rp 11,8 miliar. Dana itu digunakn untuk pesta demokrasi pemilihan kepala daerah dan wakilnya. (tom/fun)