Jumat Ini Umumkan 6 Terbaik Kampung Tematik se-Kota Probolinggo  

MAYANGAN-Setelah melalui serangkaian penilaian selama sekitar 3 bulan, Jumat ini (27/6) pemenang Kampung Tematik se-Kota Probolinggo akan diumumkan. Dewan juri telah menetapkan 6 pemenang dalam event hasil kerja sama Bappeda Litbang Kota Probolinggo dengan Jawa Pos Radar Bromo ini.

“Dari 20 kampung perwakilan kelurahan se-Kota Probolinggo, diambil 10 terbaik. Dari 10 terbaik diambil 6 kampung terbaik se-Kota Probolinggo,” ujar Kepala Bappeda Litbang Kota Probolinggo Rey Suwigtyo, Kamis (27/6).

Penganugerahan Lomba Kampung Tematik antarkelurahan se-Kota Probolinggo, ini akan dilakukan Jumat ini (28/6) di Halaman Kantor Pemkot Probolinggo. Wali Kota-Wakil Wali Kota, Pimpinan DPRD Kota Probolinggo, serta perwakilan dari Kampung Tematik dijadwalkan hadir dalam acara ini.

“Kegiatan Kampung Tematik ini embrionya berawal dari kegiatan yang dilakukan di tingkat kecamatan. Dilakukan oleh Kecamatan Kademangan dan Kecamatan Wonoasih. Kemudian, oleh Wali Kota-Wakil Wali Kota diangkat sebagai bagian dari rogram 99 hari kerja,” ujar Tyo -sapaan Rey Suwigtyo.

PENJURIAN: Para juri Lomba Kampung Tematik melakukan penilaian di Kampung Gasebo, Kelurahan Jati. Dari kanan, H.A. Suyuti, Firman Soelijanto, Iksan Mahmudi, dan Sudarmanto.

Menurutnya, kegiatan ini memberikan dampak positif bagi masyarakat. Terutama, di tingkat RT dan RW. Sebab, bisa mendorong masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam pemberdayaan di lingkungan sekitar.

“Masyarakat berinisitf untuk menata lingkungannya, meningkatkan pemberdayaan UMKM, serta mengembangkan potensi di masing-masing wilayah dengan biaya dari warga sendiri,” jelasnya.

Mantan kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Pemkot Probolinggo ini mengungkapkan, dengan adanya kegiatan Kampung Tematik, bisa mengembangkan destinasi wisata baru di Kota Probolinggo.

Tahapan Lomba Kampung Tematik dilakukan sejak 28 Februari 2019 melalui kegiatan sosialisasi. Peserta wajib menyerahkan proposal serta mempresentasikan proposalnya di hadapan dewan juri. Tim juri yang berasal dari kalangan profesional tidak hanya melakukan penilaian proposal. Namun, juga melakukan kunjungan lapangan pada 18-21 Juni 2019. (put/rud)