Target Pendapatan Metrologi Rp 450 Juta, Realisasi Sudah Capai Rp 235 Juta

PASURUAN – Sampai minggu ketiga bulan Juni, penerimaan bidang metrologi di Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Pasuruan sudah mencapai Rp 235,149 juta. Jumlah ini mencapai 52 persen dari target yang ditetapkan sebesar Rp 450 juta.

Edy Suwanto, Kepala Disperindag Kabupaten Pasuruan mengatakan bahwa realisasi penerimaan metrologi sampai minggu ketiga Juni kemarin sudah cukup bagus. Bahkan secara persentase sudah lebih dari separo target yang ditetapkan.

“Layanan metrologi terus dilakukan baik masyarakat yang datang ke Kantor Metrologi sampai kami lakukan layanan tera ke Pasar-pasar Tradisional,” terangnya. Sehingga sebelum tutup semester awal kemarin sudah mencapai 52 persen dari target. Dari realisasi penerimaan sementara ini yang mencapai Rp 235,149 juta.

Selain dari perusahaan, potensi retribusi metrologi juga didapat dari pengukuran jembatan timbang, peneraan SPBU, juga peneraan di pasar desa, pasar daerah, sampai toko-toko yang ada di masyarakat. Edy mengatakan peneraan rutin dilakukan setiap tahunnya.

“Karena durasi lama peneraan itu hanya satu tahun, sehingga bila tahun lalu sudah ditera, tahun ini tetap wajib ditera ulang karena ada kemungkinan perubahan di alat ukurnya,” terangnya.

Dari realisasi kemarin, penerimaan tertinggi adalah dari jembatan timbang, SPBU dan juga hasil sidak tera ulang di pasar-pasar tradisional. Dengan realisasi sementara ini, Disperindag Kabupaten Pasuruan optimistis target tahun ini bisa tercapai. Apalagi dari tim metrologi juga rutin melakukan sidak atau peneraan lewat jemput bola ke pasar-pasar sampai ke toko-toko di masyarakat. (eka/fun)