Polisi “Gerebek” Masjid Ar-Raudloh di Kraksaan, Ada Apa Ya?

SEMANGAT: Sejumlah personel Polres Probolinggo yang menggelar aksi bersih-bersih di masjid Ar-Raudloh di Kraksaan, Rabu (26/6) pagi. (Mukhamad Rosyidi/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

KRAKSAAN – Puluhan petugas kepolisian Polres Probolinggo, Rabu (26/6) pagi,”menggerebek” masjid agung Ar-Raudloh Kraksaan, Kabupaten Probolinggo. Setelah tiba di lokasi, puluhan petugas tersebut langsung menyasar halaman masjid.

Aksi itu bukanlah sebuah penggerebekan pelaku kejahatan. Tetapi, mereka melakukan hal itu guna memperingati hari Bhayangkara ke 73 pada tahun ini. Polres Probolinggo tak hanya sekadar untuk memperingati hari Bhayangkara. Tujuan lainnya yaitu untuk mendapatkan pahala.

Jika biasanya mereka dibekali dengan senjata, saat bersih-bersih masjid, penampilan mereka berbeda. Mereka membawa sapu dan juga cikrak. Mereka membersihkan sampah yang ada di sekitar masjid. Secara bergotong royong personel polisi melakukan bersih-bersih secara serempak. Tanpa ada sekat antara anak buah dengan para perwiranya.

Kompol Ali Rachmad, Waka Polres Probolinggo mengatakan, pihaknya memang mencari suasana lain dalam melakukan peringatan hari Bhayangkara. Menurutnya, hal itu dilakukan guna mencari suasana baru dan juga sekaligus mendapatkan pahala.

“Biar berbeda dengan yang lain. Biasanya kan dilakukan dengan cara menggelar perlombaan. Tetapi, tahun ini tidak. Kami bersih-bersih masjid,” katanya.

Selain itu, lanjut pria yang akrab disapa Rachmad itu, kegiatan itu untuk menjalin gotong-royong bersama anggota. Sehingga, tercipta suasana yang lebih kekeluargaan.

“Ini untuk menumbuhkan gotong-royong. Dan juga kami melakukan bersih-bersih ini juga menjalankan perintah agama. Agama mengajarkan untuk cinta akan kebersihan,” ungkapnya. (sid/fun)