Proyek Lanjutan Puskesmas Wonorejo Tunggu Lelang

BANGIL – Rencana pembangunan Puskesmas Wonorejo belum bisa direalisasikan Juli mendatang. Proses yang masih nyantol di Badan Layanan Pengadaan (BLP), membuat pengerjaan puskesmas setempat mundur dari rencana.

Semula, pekerjaan lanjutan Puskesmas Wonorejo itu diancang-ancang bulan Juli. Namun, kenyataannya hingga sekarang belum bisa dikerjakan lantaran masih menunggu proses lelang selesai.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan Agung Basuki menguraikan, proses pembangunan Puskesmas Wonorejo sudah diusulkan ke BLP. Saat ini pihaknya masih menunggu proses tender itu diselesaikan untuk menentukan pemenangnya.

“Sudah kami usulkan ke BLP. Sekarang tinggal menunggu proses lelang,” kata Agung saat ditemui di kantor DPRD Kabupaten Pasuruan, Selasa (25/6).

Agung menambahkan, pembangunan Puskesmas Wonorejo tahun ini merupakan kelanjutan dari proyek tahun 2018. Sebelumnya, pembangunan Puskesmas Wonorejo itu terselesaikan hanya pada struktur bangunan.

Dana sekitar Rp 2 miliar telah digulirkan untuk pembangunan struktur bangunan berlantai dua itu. Sementara penyelesaiannya, direalisasikan tahun ini, dengan anggaran Rp 1,9 miliar. “Tahun ini merupakan tahap penyelesaian gedung,” sambungnya.

Pembangunan Puskesmas Wonorejo itu bukan tanpa alasan. Menurut Agung, keberadaan Puskesmas Wonorejo itu untuk memaksimalkan pelayanan. Mengingat, gedung yang ada sekarang berada jauh dari tepi jalan.

“Kami melakukan relokasi. Sebelumnya, puskesmas yang ada kurang representatif karena tidak berada di tepi jalan. Sementara sekarang yang sedang dalam proses ini, lokasinya berada di tepi jalan,” jelasnya. (one/mie)