Perbarui Aspal di Jalan Juanda hingga Simpang 3 Blandongan

PASURUAN – Pengendara dipastikan bakal semakin nyaman saat melintas di Jalan Ir. Juanda, Kelurahan Blandongan, Kecamatan Bugulkidul. Ruas jalan pantura ini bakal di perbaiki oleh Balai Besar Pemeliharaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) BBPJN VIII wilayah Gempol-Pasuruan-Probolinggo, Rudy Napitupulu mengungkapkan, pihaknya sempat melakukan pemetaan pada sejumlah titik di wilayah Pasuruan dan Probolinggo. Dari pemetaan ini Jalan Ir Juanda di timur pertigaan Blandongan perlu diperbaiki.

“Pemetaan ini kami lakukan pekan lalu usai lebaran. Ruas Jalan Ir Juanda Kota Pasuruan rata-rata masih bagus dan layak untuk dilewati kendaraan. Cuma sisi timur pertigaan saja membutuhkan sedikit perbaikan,” ungkap Rudy-sapaan akrabnya.

Pria asal Kota Medan, Sumatera Utara ini menjelaskan perbaikannya pun dilakukan berbeda dengan wilayah Bangil. Pasalnya, aspal di lokasi ini mengalami kerusakan pada lapisannya yang mulai bergelombang dan berlubang.

Menurutnya, ruas jalan ini bakal di sluryseal atau perbaikan dengan mengganti aspal yang lama dengan aspal yang baru. Titik yang diperbaiki sepanjang 300 meter dari traffic light (TL) di pertigaan Blandongan di wilayah selatan ke arah timur.

Menurutnya, perbaikan ini bakal dilaksanakan dengan sistem long segment dengan pengerjaan rekontruksi jalan mulai wilayah Gempol, Kabupaten Pasuruan sampai Kota Probolinggo. Anggarannya sebesar Rp 25 miliar.

“Perbaikannya itu di kedua sisi baik sisi utara maupun sisi selatan. Kondisi jalannya masih layak, Cuma ada lubang dan bergelombang. Makanya, kami memilih untuk mengganti aspalnya saja, tidak perlu di beton seperti di Bangil,” terang Rudy. (riz/fun)