Fix, 350 CJH Kota Pasuruan Diberangkatkan, Pemkot Siapkan Tujuh Bus untuk Pemberangkatan

PURWOREJO – Ratusan calon jamaah haji (CJH) Kota Pasuruan siap diberangkatkan ke tanah suci. Rencananya, mereka bakal diberangkatkan dari Kota Pasuruan pada akhir Juli mendatang melalui kloter 72 dari bandara udara Juanda, Kota Surabaya.

Kasi Haji pada Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pasuruan, Mohammad Ismail mengungkapkan Kota Pasuruan memberangkatkan 350 CJH tahun ini. Jumlah ini lebih banyak dibandingkan tahun lalu yang hanya mencapai 288 CJH.

Ia merinci ratusan jamaah haji ini terdiri dari 233 CJH pelunasan tahap I, 10 CJH dari penggabungan orang tua dan anak serta suami dan istri, delapan CJH lansia, empat CJH cadangan, satu jamaah haji dari tim pemandu haji daerah (TPHD) asal rekom walikota.

Selanjutnya, 109 CJH dari antar kota dalam provinsi dan dua CJH antar kota antar provinsi. Jumlah ini dikurangi oleh 16 CJH yang keluar karena pindah domisili serta satu CJH yang batal berangkat dikarenakan sakit.

“Tahun ini ada 350 CJH yang bakal diberangkatkan dari Kota Pasuruan. Sebenarnya, kami mendapatkan kuota lebih dari itu, namun 39 CJH tidak melunasi sampai batas akhir pendaftaran,” ungkapnya.

Ismail menjelaskan ratusan CJH ini bakal diberangkatkan pada Rabu mendatang (31/7) pada gemobang kedua lewat kloter 72. Karena satu kloter berjumlah 450 orang, maka CJH asal Kota Pasuruan ini diberangkatkan bersama 48 CJH dari Kabupaten Sidoarjo dan 47 CJH dari Kabupaten Pasuruan.

“Untuk manasik dari Kemenag sudah dilakukan tanggal 16 Juni lalu. Agar semakin paham, tadi pagi juga dilakukan manasik oleh kantor urusan agama (KUA) Kota Pasuruan. Tes kesehatan juga sudah, Insya Allah 350 CJH ini sudah siap berangkat,”terang Ismail.

Sementara itu, Pemkot Pasuruan bakal menyiapkan tujuh bus untuk sarana transportasi bagi ratusan CJH Kota Pasuruan. Bus itu nantinya digunakan untuk pemberangkatan CJH menuju Sukolilo.

Kabag Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemkot Pasuruan, Wasis mengungkapkan, pihaknya menyiapkan tujuh bus untuk 350 CJH tahun ini. “Tahun ini kami kembali menyiapkan bus untuk sarana transportasi bagi CJH. Jumlahnya lebih banyak dibandingakan tahun lalu sebab tahun lalu Cuma 281 CJH,” ungkapnya.

Mantan Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) ini enggan merinci nilai anggaran yang diperuntukkan bagi pengadaan bus untuk CJH tersebut. Namun, ia menyebut bus ini diperuntukkan pulang pergi dari Kota Pasuruan menuju Kota Surabaya.

Hal ini disebabkan ratusan CJH ini bakal ditempatkan di asrama haji Sukolilo, Kota Surabaya dahulu sebelum diberangkatkan bersama CJH dari daerah lainnya ke tanah suci untuk menunaikan ibadah haji. Menurutnya, ini bentuk perhatian Pemkot pada masyarakat Kota Pasuruan. (riz/fun)