Tak Berizin dan Kedaluwarsa, Puluhan Banner di Purwosari-Purwodadi Dicopoti

PURWOSARI – Setelah Pandaan dan Prigen, penertiban banner liar kembali dilakukan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Pasuruan. Kini giliran di wilayah Purwosari dan Purwodadi. Selama dua jam. Satpol PP melepas puluhan reklame berbentuk banner yang berada di tepi jalan nasional jurusan Surabaya–Malang, Senin (24/6).

Banner itu menempel di pohon, guardrail, pagar dan tembok. “Semuanya merupakan banner liar. Ada yang memang tidak berizin sama sekali, ada juga yang berizin namun berlakunya sudah lewat. Jadi kami copoti satu persatu dan jumlahnya puluhan banner,” ungkap Didik Febriyanto, staf tibum Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Pasuruan.

Adapun banner yang dicopoti, saat itu juga langsung dimasukkan ke dalam mobil patroli. Kemudian siang harinya setelah terkumpul semua, lalu disita dan diamankan di marka Satpol PP di Raci. Penertiban serupa terus dilakukan rutin dan berkala, bahkan rencananya di wilayah kecamatan lainnya secara bergilir.

“Harusnya banner yang terpasang berizin. Karena ada banner yang masa berlakunya juga habis, maka kami harus tertibkan melalui aksi mencopotinya. Mayoritas berada di tepi jalan nasional akan keberadaannya,” kata Didik sapaan akrabnya. (zal/fun)