Ribuan BPD Kabupaten Pasuruan Bakal Dilantik Bulan Juli

BANGIL – Ribuan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) terpilih direncanakan bakal dilantik Juli mendatang. Pelantikan BPD itu penting agar pembentukan panitia pemilihan kepala desa (pilkades) bisa segera dilangsungkan.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Pasuruan Rido Nugroho menguraikan, pelaksanaan pilkades serentak tak lepas dari keterlibatan BPD.

Seperti halnya dalam pembentukan panitia pilkades. “Pentingnya peran BPD itu, makanya kami upayakan untuk sesegera mungkin menggelar pelantikan BPD yang terpilih,” jelas Rido.

Ia menyampaikan, berkas BPD yang terpilih sudah masuk instansinya. Bahkan, SK untuk anggota BPD itu sudah disiapkan. Ada dua ribu lebih BPD yang terpilih dari 341 Desa di Kabupaten Pasuruan. “Tinggal pelaksanaan pelantikannya. Kami ancang-ancang, awal Juli bisa dilakukan,” urainya.

Rido menambahkan, percepatan dalam pelantikan BPD diperlukan untuk mengejar tahapan pilkades. Sebab, bila lambat dalam pelantikan BPD, dikhawatirkan bisa memengaruhi proses pilkades.

Ia mengancang-ancang, pilkades serentak di 243 desa bisa diselenggarakan Oktober atau November 2019 mendatang. “Kami belum pastikan kapan jadwalnya. Makanya, untuk mengejar itu, pelantikan BPD diupayakan segera dilakukan,” jelasnya. (one/mie)