Masih Ada Belasan Ribu Makam Tanpa Identitas, Ini yang Dilakukan Pemkot

TERUS DIDATA: Petugas saber makam sedang membersihkan makam di TPU Purutrejo 1. Pemkot Pasuruan menargetkan 80 persen makam anonim di lima TPU rampung terdata. (Dok. Radar Bromo)

Related Post

PASURUAN – Pemkot Pasuruan menargetkan pendataan makam anonim bisa tembus hingga 80 persen tahun. Pasalnya hingga saat ini masih banyak makam yang tak bertuan. Angkanya bahkan menembus 36 persen dari keseluruhan data makam di lima TPU yang dikelola Pemkot.

Kepala UPT Pemakaman Dinas Kawasan Permukiman dan Perumahan Rakyat Wisnu Bagya Winarsa menguraikan, data makam saat ini sebanyak 51.344. Makam-makam anonim itu tersebar di lima TPU.

Akan tetapi, yang paling banyak berada di TPU Gadingrejo. Jumlahnya mencapai 13.931. Kemudian di TPU Bugul Kidul sebanyak 1.819, di TPU Purut 1 sebanyak 1.779, TPU Purut 2 sebanyak 935.

Selain itu, juga di TPU Kristen. Masing-masing terdiri atas Makam Bong sebanyak 299 dan makam Temenggungan sebanyak 12 makam anonim. “Sementara makam yang memiliki identitas sebanyak 32.580. Yang tanpa identitas atau anonim saat ini sejumlah 18.764,” urainya.

Ia menjelaskan, pendataan makam yang dilakukannya sejauh ini baru mencapai 63,45 persen. Pihaknya juga terus berupaya untuk memaksimalkan pendataan makam yang belum teridentifikasi ahli warisnya itu.

“Kami upayakan dengan sosialisasi yang menggandeng pihak kelurahan. Harapannya ahli warus makam yang belum memiliki identitas segera melapor,” jelasnya.

Dia tak menepis jika selama ini memang masih banyak masyarakat yang abai mengenai hal itu. Namun Pemkot juga terus mendorong agar masyarakat sadar dan melakukan registrasi makam.

“Target kami pendataan yang berjalan tahun ini bisa menembus 80 persen. Jadi 80 persen makam yang ada bisa rampung terdata tahun ini,” tandasnya. (tom/fun)