Kasus Korban yang Diperkosa Lima Pemuda Rencana Disidang Hari Ini

PURWOREJO – Kasus pemerkosaan yang menimpa Bunga (bukan nama sebenarnya) di Desa Sungi Wetan, Kecamatan Pohjentrek, Kabupaten Pasuruan mulai memasuki babak baru. Peristiwa memilukan ini rencananya siap disidang Selasa ini (25/6) di Pengadilan Negeri (PN) Kota Pasuruan.

Kasi Pidum Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Pasuruan, Hafidi mengungkapkan sesuai jadwal, kasus pemerkosaan yang menimpa Bunga pada akhir Mei lalu akan di sidang Selasa (25/6) sekitar pukul 10.00. Sidang perdana ini beragendakan pembacaan surat dakwaan untuk pelaku, Dyt, 18.

“Betul. Sidang pemerkosaan Bunga oleh lima pemuda di Desa Sugi Wetan akan dilaksanakan besok (25/6, Red.). Yang menjadi jaksa penuntut umum (JPU) adalah Murni Erdianti,” ungkapnya.

Hafidi menjelaskan proses persidangan bakal dilaksanakan sesuai sistem peradilan anak. Yakni, korban wajib didampingi oleh orang tua atau wali dan sidang dilaksanakan secara tertutup. Alasannya untuk melindungi hak anak. Sebab, pelaku maupun korban masih usia anak.

Ia menyebut persidangan ini dilaksanakan di PN Kota Pasuruan atas sejumlah pertimbangan. Diantaranya, mayoritas saksi berada di kota Pasuruan dan pelaku kini sedang ditahan di Polresta Pasuruan. Ini sesuai pasal 84 Kitab Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP) tentang Kewenangan Peradilan.

“Kalau soal apakah korban bakal didampingi oleh penasihat hukum atau tidak, kami masih belum tahu. Nanti dilihat saja usai sidang besok (25/6, Red.),” terang Hafidi.

Untuk diketahui, Bunga yang belum genap berusia 17 tahun digilir oleh lima pemuda yang baru dikenalnya melalui media sosial. Insiden ini dialami Bunga pada Minggu lalu (26/6). Ironisnya, kelima pelaku tidak hanya memperkosanya.

Usai menggilir Bunga, para pelaku mengambil barang berharga milik Bunga. Setelah melakukan aksi bejatnya, Bunga ditinggal seorang diri di sebuah lahan perkebunan di Desa Sungi Wetan, Kecamatan Pohjentrek, Kabupaten Pasuruan sebelum ditolong oleh seseorang yang melintas. (riz/fun)