Atlet Selam Sumbang Emas-Perunggu di Kejurda Hang Tuah

SURABAYA – Ikwan Octa, atlet selam junior asal Kabupaten Probolinggo, cetak nama baik di tingkat Provinsi Jatim. Sabtu lalu (22/6), Ikwan menorehkan prestasi gemilang dengan raihan satu emas di kejuaraan daerah (Kejurda) tahunan Hang Tuah di Surabaya.

Ikwan adalah atlet milik Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Pengkab Probolinggo. Meski POSSI baru beberapa bulan dibentuk, Ikwan sudah mampu unjuk gigi di level Jawa Timur. Bahkan, selain emas, Ikwan mampu menyumbangkan 1 medali perunggu.

”Ikwan tampil sempurna di nomor bifin. Hingga final di kelas 100 meter dan raih emas. Di kelas berbeda, 200 meter, Ikwan mampu merebut medali perunggu,” kata Misnari, pelatih selam.

Ketua POSSI Pengkab Probolinggo, Muksin mengaku lega atlet yang diproyeksikan untuk Porprov mewakili Kabupaten Probolinggo mampu menunjukan kemampuannya. “Meski baru tampil di kejurda level Jawa Timur, Ikwan mampu mengalahkan atlet lain di Jawa Timur. Harapan kami prestasi ini bisa diraih di Porprov nanti,” katanya.

Terpisah, sekretaris KONI Kabupaten Probolinggo, Chalid Abu Bakar mengatakan, Ikwan Octa sendiri satu-satunya atlet selamyang lolos untuk terjun di Porprov Jatim bulan Juli ini mewakili Kabupaten Probolinggo. “Harus kami suport Ikwan Ockta dan atlet lainnya agar bisa menyumbangkan medali emas untuk Kabupaten Probolinggo di Porprov Jatim awal Juli ini,” katanya pada Jawa Pos Radar Bromo, Senin (24/6).

Chalid mengaku, prestasi yang diraih Ikwan menjadi bukti semangat pelatih dan para atlet untuk membawa nama baik Kabupaten Probolinggo dalam bidang olahraga selam. Waktu yang pendek menjelang Porprov Jatim, memaksa KONI untuk mensuport langsung sarana penunjang peralatan atlet. Namun ternyata, keterbatasan anggaran membuat pengadaan itu tertunda.

”Lantaran harga peralatan yang tidak murah dan import tentu perlu diskusi yang alot dengan pengurus KONI. Hasil di Kejurda tahunan piala Hang Tuah mengidikasikan kesungguham atlet menyumbang medali untuk Kabupaten Probolinggo. sehingga, jadi pertimbangan kuat untuk lengkapi sarana prasarana,” ungkapnya. (mas/fun)