Tanpa Ikut Grup, Kuswantoli Juarai Galatama Lomba Mancing Lele

KADEMANGAN – Kuswantoli terlihat semringah. Sabtu (22/6) malam, dia berhasil menjadi juara dalam galatama lele di kolam Bromo Fishing Jawa Pos Radar Bromo. Kuswantoli berhasil menarik lele seberat 3,095 kilogram.

Ikan hasil pancingannya, menjadi yang terberat di antara 126 peserta lainnya. Pemancing asal Desa Tigasan Wetan, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo, ini pun berhak membawa hadiah utama berupa uang Rp 2 juta.

Turun di lapak nomor 63 tanpa grup menjadi keberuntungan baginya. Kuswantoli mendapatkan dua hadiah sekaligus. Dua lele hasil tangkapannya masuk nominasi. Satu lele menjadi yang terberat dan satu lagi menjadi terberat nomor delapan.

Kuswantoli mengaku, tidak pernah absen dalam perlombaan yang digelar Jawa Pos Radar Bromo saban Sabtu malam. Sebelumnya, pihaknya pernah mengantongi juara ke dua dan ke tiga. Dan, baru kali ini menjadi juara pertama dalam galatama lele dan membawa pulang hadiah utama. “Hari ini rezeki saya bisa menang. Nanti hadiahnya akan saya gunakan untuk mengikuti lomba minggu depan,” ujarnya.

Suasana Sabtu malam di kolam Bromo Fishing, bergitu ramai. Ratusan peserta memadati arena. Tak hanya dari Probolinggo, banyak juga yang berasal dari Lumajang dan Pasuruan. Maklum, hadiah yang ditawarkan panitia selalu menggiurkan. Malam itu, disediakan hadiah Rp 3.725.000. “Selain itu, masih ada hadiah sebagai bonus tarikan. Sehingga, membuang sejumlah angler lebih bersemangat,” ujar Ketua Lomba Galatama Lele Ainul Mashudi.

Dalam perlombaan yang dimulai pukul 21.20, itu panitia menyiapkan sekitar 195 kilogram lele yang dilepas secara bertahap. Hasilnya, selain Kuswantoli, malam itu juga banyak peserta yang mendapatkan hadiah.

Juara ke dua diraih Ocean dengan lapak nomor 54 (berat ikan 3,020 kilogram). Dia mendapatkan hadiah Rp 800 ribu. Ke tiga Frangky lapak nomor 105 (berat lele 2,846 kilogram) mendapatkan Rp 400 ribu. Ke empat Keramat lapak nomor 15 (berat lele 2,695 kilogram) mendapatkan Rp 200 ribu.

Ke lima Pandi nomor lapak 12 (berat lele 2,683 kilogram) dapat Rp 100 ribu. Ke enam Pradana nomor lapak 20 (berat lele 2,665 kilogram). Ke tujuh Pentol Balap nomor lapak 40 (berat lele 2,619 kilogram) dan ke delapan Kuswantoli (berat ikan 2,585 kilogram). Para juara enam sampai delapan itu masing-masing mendapatkan hadiah Rp 75 ribu. (mg1/fun)