Rusak Imbas Terendam Banjir, Ruas Jalan di Pasuruan Ini Diajukan Rehab

GRATI – Bencana banjir yang kerap melanda Kabupaten Pasuruan beberapa waktu lalu, membuat sejumlah infrastruktur di wilayah setempat alami kerusakan. Salah satunya di ruas jalan Grati-Winongan dan Jalan Sidogiri, Kecamatan Kraton.

Kondisi itu pun menjadi perhatian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat. Saat ini BPBD telah mengusulkan ke pemerintah pusat untuk mendapatkan Rehabilitasi Rekonstruksi (RR).

Bakti Jati Permana, kepala BPBD Kabupaten Pasuruan mengatakan, di Kabupaten Pasuruan cukup banyak daerah yang mengalami bencana. Mulai dari banjir sampai longsor. Imbasnya, infrastruktur juga ikut rusak dan bisa diajukan ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk dilakukan perbaikan.

“Kami sudah rutin lakukan pengusulan perbaikan jalan. Untuk perbaikan jalan imbas bencana, masuk dalam RR dari anggaran BNPB pusat,” terangnya.

Untuk tahun 2019 ini, Kabupaten Pasuruan belum dapat kucuran anggaran RR dari pemerintah pusat. Sehingga BPBD Kabupaten Pasuruan kembali mengajukan RR untuk tahun 2020 mendatang.

Bakti mengatakan, jalan yang rusak imbas banjir utamanya di Jalan Ngopak, Grati sampai ke Winongan. Mulai dari Bandaran dan Sumberrejo. “Termasuk di Sidogiri, Kraton yang rutin terkena banjir, kami juga kembali mengajukan usulan RR perbaikan jalan tahun ini,” terangnya.

M Sholeh, 45, warga Sumberrejo, Kecamatan Winongan mengatakan, memang perlu ada perbaikan jalan utamanya dari Winongan ke arah Ngopak. Apalagi rusaknya jalan tak hanya karena sering terkena banjir, tapi juga kendaraan besar seperti truk banyak melintas di sana.

“Apalagi di situ sering ada banjir. Sehingga, banyak jalan berlubang atau rusak. Perlu ada perbaikan apalagi yang melintas tak hanya warga sekitar yang pakai motor atau mobil, tapi juga kendaraan besar seperti truk banyak melintas,” ujarnya. (eka/mie)