Rp 80 Juta untuk Pelican Crossing di Jalan Pahlawan Pasuruan

PANGGUNGREJO – Warga bakal semakin nyaman saat menyeberang di ruas Jalan Pahlawan, Kelurahan Pekuncen, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan. Pasalnya, saat ini sudah dipasang pedestrian light controlled (Pelican) crossing di sekitar SD Harapan Bangsa.

Kabid Lalu Lintas (Lalin) pada Dishub Kota Pasuruan Andriyanto mengungkapkan, Pelican crossing itu sudah dipasang sejak Maret lalu. Anggaran pemasangannya sebesar Rp 80 juta melalui dana APBD 2019.

“Pelican crossing ini dipasang di satu titik saja. Karena anggarannya di bawah Rp 200 juta, maka kami lakukan penunjukan langsung (PL) untuk pemasangannya,” ujar Andri –sapaan akrabnya-.

Ia menjelaskan, pemasangan Pelican crossing ini bukannya tanpa alasan. Pasalnya, ruas Jalan Pahlawan cukup padat dengan kendaraaan roda dua dan roda empat. Sehingga, masyarakat kerap kesulitan saat hendak menyeberang di lokasi tersebut.

Pemfungsiannya sendiri bagi penyeberangan pejalan kaki dengan diatur menggunakan traffic light (TL). Saat ini Dishub sedang menilai penggunaannya seperti durasi dan efektivitasnya. Jika memang dinilai kurang efektif, maka Dishub bakal melakukan pengkajian ulang.

Menurutnya, pihaknya tidak menutup kemungkinan jika Dishub bakal menambah Pelican crossing di sejumlah titik di Kota Pasuruan. Namun, kondisi ini sendiri masih mempertimbangkan kepadatan dan kesulitan pengguna jalan saat menyeberang.

“Sementara baru satu titik di ruas Jalan Pahlawan. Saat jam sibuk seperti pagi dan siang hari, cukup ramai dengan kendaraan yang melintas,” terang Andri. (riz/mie)