Kantongi Sabu, Warga Besuk Bantaran Disel

BANTARAN – Warga Desa Besuk, Kecamatan Bantaran, Kabupaten Probolinggo, Buasin, 40, harus menjalani hari-harinya di balik jeruji besi. Kamis (20/6), dia dibekuk Satreskoba Polres Probolinggo setelah diketahui memiliki sabu-sabu.

Dari informasi yang berhasil dihimpun Jawa Pos Radar Bromo, Buasin diamankan Satuan Reskoba Polres Probolinggo pada pukul 19.00. Dia diamankan ketika berada di rumahnya di Dusun Nangka, Desa Besuk. Tanpa perlawanan, tersangka langsung dibawa ke Mapolres Probolinggo untuk penyelidikan lebih lanjut.

Kasat Reskoba Polres Probolinggo Iptu Sujilan mengatakan, awalnya anggotanya mendapatkan informasi dari warga, di wilayah Kecamatan Bantaran sering terjadi pesta sabu-sabu. “Kami selidiki dan ternyata benar. Setelah itu kami rencanakan penangkapan,” ujarnya.

Setelah penyelidikan akurat, Sujilan mengaku, mendapatkan identitas terduga pemilik narkoba itu. Karenanya, pihaknya langsung menggerebek rumah Buasin. “Pelaku berhasil kami amankan. Kami langsung membawanya ke Mapolres untuk proses lebih lanjut,” ujarnya.

Selain berhasil mengamankan tersangka, polisi juga berhasil mengamankan sejumlah barang bukti. Di antaranya berupa dua buah alat hisap atau bong; dua buah pipet kaca yang diduga berisi narkotika golongan I dalam bentuk bukan tanaman; dua buah gunting; sebelas korek api gas; dan sebuah plastik klip.

Ada juga sebuah tutup botol yang sudah berlubang; satu pak cotton bud; sebuah sekrup putih; sebuah botol plastik hitam-kuning; tiga buah selang; dan selembar alumunium foil. “Pelaku kami kenakan pasal 112 ayat (1) UU RI Nomor 35/2009 tentang Narkotika. Yaitu, setiap orang yang tanpa hak atau melawan hukum memiliki, menyimpan, menguasai, atau menyediakan narkotika golongan I jenis sabu,” ujar Sujilan. (sid/rud)