Dispendik Sayangkan Insiden Mercon Meledak di SDN 1 Banyuanyar Lor

RUSAK BERAT: Bagian belakang rumah yang ditinggali Burhanuddin dan keluarganya. Rumah itu merupakan rumah dinas dan berada di lingkungan sekolah. Inset, Burhanuddin di RSUD Waluyo Jati. (Mukhamad Rosyidi/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

GENDING – Adanya insiden mercon yang meledak hingga merusak rumah dinas di SDN 1 Banyuanyar, mendapat atensi dari Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo. Pihak dinas menyayangkan adanya ledakan di SDN Banyuanyar Lor itu. Pasalnya, ledakan tersebut selain terjadi di lingkungan pendidikan, juga merusak bangunan milik sekolah tersebut.

Hal itu, diungkapkan Dewi Korina Kepala Dispendik setempat. Menurutnya, setelah mendengar kabar tersebut, pihaknya langsung menjenguk korban. Pasalnya, korban yang seharinya menjadi penjaga sekolah itu merupakan honorer.

“Tadi kami langsung menjenguk korban ke (RSUD) Waluyo Jati. Kondisinya sangat memprihatinkan,” ujarnya saat dikonfirmasi.

Dewi, sapaan akrabnya mengatakan, pihaknya tidak sempat bertanya ke korban. Melihat kondisi korban yang memprihatinkan, sehingga ia menunggu korban sembuh untuk konfirmasi apa yang sebenarnya terjadi. “Belum kami tanyai. Kasihan masih kesakitan,” terangnya.

Ia menjelaskan, pihaknya sangat menyesalkan atas kejadian itu. Pasalnya, ledakan tersebut terjadi di lingkungan sekolah. Ia pun mengakui bahwa korban merupakan honorer Dinas Pendidikan.

“Tentunya kami sangat menyayangkan. Ternyata ada perakitan mercon di dalam rumah itu. Tetapi, kami masih mau mengkonfirmasi kebenarannya ke korban sendiri nanti,” jelasnya.

Untuk kerugian sendiri, ia mengatakan masih akan melajukan penghitungan. Sehingga nanti, bisa diajukan untuk perbaikannya. “Saat ini rumah itu tidak bisa ditinggali. Karenanya korban dan keluarga sementara tinggal bersama saudaranya. Kami masih melakukan penghitungan atas rumah itu,” ungkapnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Rencana Burhanudin, 42 karyawan SDN Banyuanyar Lor membuat mercon untuk pernikahan kerabatnya berujung tragedi. Itu setelah mercon yang diraciknya meledak di rumah dinas (rumdin) SDN Banyuanyar Lor, di Dusun Pasar RT 7/ RW 2, Desa Banyuanyar Lor, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo. (sid/fun)