Tak Hanya Dermaga Apung, Bulan Depan Garap Gapura Ranu Grati

HARUS SABAR: Sejumlah warga memancing di Ranu Grati, Kabupaten Pasuruan. Tahun ini, Pemkab Pasuruan berencana membangun gapura Ranu Grati dengan anggaran Rp 385 juta. (Mokhamad Zubaidillah/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

GRATI – Sarana prasarana di Ranu Grati, Kabupaten Pasuruan, akan terus ditambah. Selain dermaga apung, Pemkab Pasuruan juga akan membangun gapura di depan Ranu Grati. Proyek yang dianggarkan Rp 385 juta ini akan digarap bulan depan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Pasuruan Agung Maryono melalui Kabid Industri Pariwisata Budi Shoreanto mengatakan, penambahan sarana prasarana di Ranu Grati, bagian dari penunjang wisata yang meningkatkan wisata di sekitar 10 destinasi unggulan.

“Karena Kabupaten Pasuruan, dekat dengan Bromo, ada anggaran dari (Pemerintah) Pusat untuk pembenahan sarana prasarana di sekitar wisata sekitar,” terangnya.

Ranu Grati, merupakan salah satu wisata alam ikonik milik Kabupaten Pasuruan. Sehingga, tahun ini juga ada anggaran dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dari dana penugasan Rp 385 juta. Anggaran ini untuk penambahan papan informasi dan pembangunan gapura di depan pintu masuk Ranu Grati.

Budi mengatakan, sejatinya saat ini gapura depan sudah ada. Namun, sudah jelek dan rusak. Sehingga, tahun ini akan dibangun ulang. Gapura ini akan disesuaikan dengan model prasasti Cungrang atau sama dengan pintu masuk di kompleks perkantoran Raci.

“Desainnya diseragamkan sesuai prasasti Cungrang. Pengerjaannya menunggu lelang bulan Juni dan target Juli sudah mulai pengerjaan,” ujarnya. Diharapkan penambahasan gapura dan papan informasi ini dapat menunjang pariwisata Ranu Grati. (eka/rud)