Jaga Kemitraan, DPRD Kab Probolinggo Raih Penghargaan

DIHARGAI: Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Imam Suhrowardi (dua dari kanan) menunjukkan piagam penghargaan bersama para wakil ketua DPRD. (DPRD Kabupaten Probolinggo for Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

KRAKSAAN – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI mengapresiasi kinerja DPRD Kabupaten Probolinggo. Lembaga wakil rakyat itu, mendapat penghargaan selaku unsur penyelenggara pemerintah daerah membangun hubungan kemitraan dengan kepala daerah.

Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Imam Suhrowardi mengatakan, pihaknya mendapatkan undangan silaturahmi Asosiasi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Seluruh Indonesia (ADKASI). “Kami DPRD Kabupaten Probolinggo dapat penghargaam langsung dari Menteri Dalam Negeri. Dari 416 DPRD kabupaten seluruh Indonesia, hanya 12 DPRD yang dapat penghargaan,” ujarnya, memarin.

Didik -sapaan akrabnya mengatakan, penghargaan dari Mendagri ini atas hubungan kemitraan yang baik bersama kepala daerah periode 2014-2019. Penghargaan itu diserahkan saat acara silaturahmi nasiomal ADKASI seluruh Indonesia.

“Alhamdulillah, pembahasan anggaran dengan pemerintah daerah dapat kami lakukan tepat waktu. Sehingga, jalannya roda pemerintahan Kabupaten Probolinggo, tidak pernah terhambat hanya karena molornya pembahasan-pembahasan di lembaga legislatif,” ujarnya.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Wahid Nurahman menambahkan, dasar penilain yang dilakukan Mendagri, di antaranya kinerja pimpinan dan anggota DPRD selama 5 tahun. Sejak 2014 dapat meningkatkan rata-rata PAD sekitar 6,2 persen. Bahkan, pada 2018, PAD Kabupaten Probolinggo di angka 14,32 persen dari APBD Kabupaten Probolinggo. “Kami akan terus jaga hubungan kemitraan untuk membangun Kabupaten Probolinggo,” ujarnya.

Sekretaris Daerah Kabuoaten Probolinggo Soeparwiyoni mengatakan, selama ini hubungan kemitraan antara legislatif dan eksekutif berjalan sangat harmonis. Harapannya, hal ini dapat dipertahankan. “Kami seluruh pejabat eksekutif menyampaikan ucapan selamat kepada DPRD Kabupaten Probolinggo atas penghargaan yang telah diterima,” ujarnya. (mas/rud)