Duh… Bantuan Alat Bantu Lansia Makin Minim

PANGGUNGREJO – Saban tahun Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pasuruan mengalokasikan anggaran untuk membantu warga lanjut usia (lansia). Namun, bantuan tahun ini lebih sedikit dibanding tahun 2018. Bila tahun kemarin ada 50 orang, tahun ini hanya 20 orang yang dibantu.

Plt Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pasuruan Gunawan Wicaksono mengatakan, pemberian alat bantu untuk diberikan kepada lansia yang mengalami kesulitan berjalan dan tidak mampu secara ekonomi. “Pemberian alat bantu ini rutin kami berikan setiap tahun. Termasuk tahun ini sudah dianggarkan untuk 20 lansia,” ujarnya.

Tahun ini jumlah alat bantu yang diberikan lebih sedikit dibandingkan tahun lalu yang mencapai 50 unit. Namun, jika masih dibutuhkan lagi, nantinya bisa mengajukan dalam Perubahan APBD 2019. Tahun kemarin, 50 alat bantu berupa kursi roda dan tongkat kaki tiga. Sedangkan, tahun ini dari 20 alat bantu ada 5 kursi roda dan 15 tongkat kaki tiga.

Setiap kursi roda dianggarkan Rp 3 juta. Sehingga, total untuk 5 kursi roda mencapai Rp 15 juta. Sedangkan, harga tongkat kaki tiga Rp 750 ribu dikali 15 buah menjadi Rp 11,250 juta. “Pemberian alat bantu ini biasanya saat Hari Lanjut Usia pada Mei. Namun, tahun ini mundur karena kemarin masih Ramadan. Sudah ada yang sebagian diberikan,” ujarnya. (eka/rud)