Tiga CCTV Baru Milik Dishub Mulai Difungsikan

PANTAU LALIN: Kawasan pertigaan Semambung Grati yang kini telah dilengkapi CCTV. Pemasangan CCTV itu untuk memantau arus lalu lintas di kawasan setempat. (Repro CCTV)

Related Post

GRATI – Pemantauan arus lalu lintas di persimpangan traffic light yang ada di wilayah Kabupaten Pasuruan semakin luas. Pasalnya, Pemkab setempat baru saja menambah instalasi Closed Circuit Television (CCTV) di sejumlah titik baru.

Lokasinya tersebar di tiga titik. Yaitu, simpang tiga Sumurwaru di Nguling; simpang tiga Semambung di Grati; dan simpang tiga Ranggeh di Gondangwetan. Penambahan itu terealisasi sekitar tiga pekan yang lalu.

Kasi Pengembangan Jaringan dan Sistem Dishub Kabupaten Pasuruan Yoni Waskito menyampaikan, pemasangan CCTV itu sedianya akan dilakukan usai Lebaran. Tetapi, dengan tersedianya perangkat lebih cepat, maka pemasangannya lantas dilakukan segera. “Pemasangannya sekitar tiga pekan yang lalu. Setelah itu langsung difungsikan dan berjalan normal,” katanya.

Ia menyebut, tiga titik baru yang dipasang CCTV itu memang memiliki prioritas tertentu. Dari segi lalu lintas, tingkat kepadatan arus terbilang cukup tinggi. Disamping itu, Dishub juga mempertimbangkan aspek kerawanan potensi kriminalitas.

“Sampai sekarang tidak ada kendala yang terjadi. Pemantauan di tiga lokasi itu juga sudah dapat diakses masyarakat luas melalui aplikasi Trans Info,” ungkapnya.

Dia berharap, dengan semakin meluasnya pemantauan CCTV di persimpangan jalan dapat memudahkan masyarakat pengguna jalan.

Diketahui, penambahan CCTV di tiga lokasi itu dibiayai menggunakan APBD Kabupaten Pasuruan 2019. Anggaran belanja pengadaan perangkat CCTV yang dialokasikan senilai Rp 42 juta. Sedangkan belanja pengadaan tiang, menelan dana senilai Rp 120 juta.

“Selain itu, juga digunakan untuk menambah CCTV di wilayah lain. Yakni, di area Terminal Cheng Hoo Pandaan, simpang Pegadaian Purwosari. Serta mengganti CCTV yang rusak di simpang Sentul Purwodadi, simpang empat Jetak Pandaan, dan simpang Taman Dayu Pandaan,” ungkapnya. (tom/mie)