Penambahan Fasilitas Olahraga di Kota Pasuruan Masih Belum Jelas

SERING DIGUNAKAN: Keramaian di GOR Untung Suropati Kota Pasuruan. Pemkot berencana menambah fasilitas olahraga yang ada di kota. (Mokhamad Zubaidillah/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

PURWOREJO – Upaya Pemkot Pasuruan menambah sejumlah fasilitas olahraga di GOR Untung Suropati (Unsur) Kota Pasuruan masih belum ada kejelasan. Sebab, pemkot setempat masih menunggu jawaban dari pengajuan anggaran kepada pusat, beberapa waktu.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappedalitbangda) Kota Pasuruan Adri Joko Srijono mengungkapkan, rencana pemkot menambah fasilitas olahraga di Kota Pasuruan sudah dilakukan sejak 2017 lalu. Saat itu pemkot mengajukan anggaran ke pusat.

Dalam pengajuan tersebut, Pemkot meminta agar dibantu untuk pembangunan kolam renang dan lapangan untuk panahan. Sebab, Pemkot memang belum memiliki fasilitas khusus bagi dua cabang olahraga (cabor) tersebut.

Anggaran yang dibutuhkan untuk membangun dua fasilitas olahraga ini tidak sedikit. Diperkirakan menyedot anggaran miliaran. Hingga dua tahun berselang, pemkot belum dapat jawaban terkait rencana itu.

Menurutnya, pembiayaan dengan menggunakan anggaran APBD tidak memungkinkan. Karena keterbatasan kemampuan anggaran yang dimiliki oleh Pemkot. Sehingga, Pemkot tidak memiliki pilihan lain yakni menunggu dari pusat.

“Ya, tidak ada jalan lain selain menunggu. Kalau dari APBD tidak mungkin. Jadi, setiap tahun kami tetap berkoordinasi dengan pusat terkait pengajuan tersebut. Memang sangat dibutuhkan untuk melengkapi sarana dan prasarana olahraga di Kota Pasuruan,” jelas Joko. (riz/mie)