Diperpanjang Sehari, Sabtu Ini Pengumuman PPDB Sistem Zonasi

PASURUAN – Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online tingkat SMA/SMK di Jawa Timur diperpanjang sehari. Pendaftaran sedianya ditutup Kamis (20/6) pukul 23.59. Pemprov Jatim kemudian menambah masa pendaftaran selama sehari, Jumat (21/6).

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur Wilayah Kota dan Kabupaten Pasuruan Indah Yudiani membenarkan perpanjangan masa pendaftaran itu. “Iya, benar diperpanjang hingga hari ini (21/6). Sampai pukul 23.59,” terangnya saat dikonfirmasi.

Ia tak membeberkan alasan pemerintah memperpanjang masa pendaftaran tersebut. Hanya saja, dia mengaku keputusan tersebut merupakan kebijakan yang diambil Pemprov Jawa Timur. “Perpanjangan masa pendaftaran itu merupakan kebijakan Pemprov,” tambahnya.

Dengan masa pendaftaran yang diperpanjang itu, Indah berharap dapat membuka peluang bagi calon siswa yang belum sempat mendaftar di hari-hari sebelumnya. Terutama ketika sistem PPDB online dihentikan sementara, Rabu (19/6).

Informasi tentang perpanjangan masa pendaftaran itu, juga tertuang dalam laman ppdbjatim.net. Di laman itu, hasil pemeringkatan tingkat SMA dan SMK juga telah tersedia. Baik itu pemeringkatan melalui cara zona maupun nilai UN. Akan tetapi, hasil pemeringkatan itu bersifat sementara.
Sebab, pemeringkatan akan terus bergerak selama proses PPDB berjalan, sehari.

Indah menyebut hasil pemeringkatan akhir dapat diketahui setelah adanya pengumuman resmi. “Pengumumannya akan disampaikan melalui situs PPDB besok (22/6, Red) pukul 09.00,” jelasnya.

Hal serupa disampaikan Kresna Herlambang, kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur wilayah Kabupaten/Kota Probolinggo. Menurutnya, masa pendaftaran PPDB SMA/SMK jalur online memang diperpanjang. Perpanjangan dilakukan, karena laman PPDB sempat diberhentikan sementara, Rabu (19/6). “Iya benar ada perpanjangan. Soalnya ini memang ada off kemarin,” tandasnya.

Kresna merinci, hari terakhir pendaftaran PPDB yaitu Jumat (21/6) sampai pukul 23.59. Selanjutnya, pengumuman pendaftaran dilakukan Sabtu (22/6), pukul 09.00 dan daftar ulang untuk calon siswa dilakukan pada 24-25 Juli.

 

Pagu Sejumlah Sekolah Belum Terisi

Sejumlah sekolah di Probolinggo yang didatangi wartawan media ini juga membenarkan perpanjangan pendaftaran PPDB SMA/SMK. Kepala SMA Negeri 1 Paiton Ahmad Sudiarto misalnya, menegaskan memang ada perpanjangan.

Pihaknya pun menyambut baik perpanjangan itu. Sebab, menurutnya saat ini pagu di sekolahnya belum terpenuhi. Dengan perpanjangan itu, dia berharap pagu di SMAN 1 Paiton terpenuhi.

“Untuk pagu belum terpenuhi. Pagu kami ada tiga ratusan lebih. Tetapi, saat ini belum terpenuhi. Dengan masa perpanjangan ini, kami berharap bisa terpenuhi,” tandasnya.

Berbeda dengan SMA Negeri 1 Kraksaan. Kepala SMAN 1 Kraksaan Bambang Sugiarto mengatakan, di sekolahnya pagu sudah terpenuhi sejak awal pendaftaran. Namun, pendaftaran tetap dibuka. Sebab, dengan sistem zonasi itu, pergeseran posisi calon siswa terus terjadi.

“Sudah terpenuhi pagu sekolah kami sejak awal. Cuma pergeseran pendaftar terus terjadi,” tandasnya.

Sementara itu, di Kota Probolinggo sampai Jumat semua SMA sudah terpenuhi pagunya. Hanya SMAN 3 yang belum terpenuhi. “Untuk di Kota Probolinggo sampai hari ini (21/6, Red.), SMAN 3 yang belum memenuhi pagu. Tapi kalau untuk SMK datanya ada di kantor untuk perkembangannya,” jelasnya.

Saat ditanya langkah yang dilakukan jika dalam perpanjangan ini pagu SMA/SMK negeri ada yang tidak terpenuhi, Kresna memastikan akan menunggu kebijakan dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. “Kami menunggu dulu. Karena kami belum tahu posisi per lembaga pendidikan saat ini sampai dengan pukul 23.59 nanti malam (tadi malam, Red),” ujarnya. (tom/sid/put/hn)