Siapkan Ratusan Juta untuk Pakaian Dewan, Ini Rinciannya

PANGGUNGREJO – Pemkot Pasuruan mengalokasikan anggaran yang tidak sedikit untuk pengadaan pakaian dinas DPRD Kota Pasuruan. Pemkot menyiapkan anggaran ratusan juta rupiah untuk lima jenis pakaian bagi puluhan wakil rakyat itu.

Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kota Pasuruan, Raden Murahanto mengungkapkan pihaknya kembali mengalokasikan anggaran untuk pengadaan bagi pakaian dinas anggota dewan tahun ini. Total anggarannya pun tidak berbeda dengan tahun lalu.

“Pengadaan pakaian dinas bagi anggota dewan tahun ini tetap kami alokasikan. Anggarannya sama dengan tahun lalu yaitu sebesar Rp 130 juta melalui APBD 2019,” ungkapnya.

Murahanto-sapaan akrabnya menjelaskan anggaran ratusan juta ini diperuntukkan bagi 30 anggota DPRD Kota Pasuruan. Masing-masing anggota dewan akan mendapatkan jumlah pakaian dinas yang sama, yaitu lima setel pakaian.

Rinciannya terdiri dari dua setel pakaian dinas luar (PDL), dua setel pakaian dinas harian (PDH) serta satu setel pakaian batik. Menurutnya, pengadaan pakaian dinas ini rutin dilakukan setiap tahunnya. Utamanya, tahun ini dimana alat kelengkapan dewan (AKD) berubah usai pemilihan umum (pemilu).

Pengadaan pakaian dinas ini bukannya tanpa alasan. Pasalnya, agenda DPRD Kota Pasuruan cukup padat, sehingga ada kemungkinan jika pakaian dinas yang dikenakan bakal rusak. Selain itu, hal ini juga diatur dalam amanat undang-undang.

“Insya Allah, pengadaan pakaian dinas yang baru bagi anggota dewan menunggu pelantikan anggota DPRD yang baru. Mungkin sekitar Agustus,” terang Murahanto. (riz/fun)