Butuh Miliaran Rupiah untuk Tambah Truk Pengangkut Sampah

BANGIL – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) membutuhkan puluhan truk sampah untuk mengangkut sampah-sampah di Kabupaten Pasuruan. Sayangnya, kebutuhan truk sampah itu belum mampu dibeli semuanya, lantaran keterbatasan anggaran.

Bahkan, untuk penambahan, Pemkab memilih untuk mengusulkannya ke pusat. “Tahun ini, kami dapat bantuan dari Kementerian Lingkungan Hidup berupa satu unit truk sampah,” kata Pelaksana tugas (Plt) DLH Kabupaten Pasuruan, Indra Hernandi.

Indra menambahkan, jumlah truk sampah yang dimiliki Pemkab memang belum ideal. Dari kebutuhan setidaknya, 48 unit kendaraan, baru 24 yang terealisasi.“Hanya ada 22 armada truk sampah yang berfungsi. Selebihnya, rusak dan tak dioperasionalkan,” sambung dia.

Hal inilah, yang membuat pengangkutan sampah di Kabupaten Pasuruan belum bisa menyeluruh. Hanya beberapa kecamatan yang mampu dijangkau. Karena untuk menjangkau seluruhnya, dibutuhkan truk sampah sebanyak 48 unit.

Jumlah tersebut, belum mampu direalisasikan. Mengingat, biaya untuk membeli satu truk sampah, cukup mahal. Bisa mencapai Rp 400 juta per unitnya. “Anggarannya cukup besar untuk membeli sesuai kebutuhan. Bisa mencapai miliaran. Karena itu, upaya kami selain mengajukan ke pusat, juga dengan jalan memaksimalkan truk yang ada,” tandasnya. (one/fun)