Rekonstruksi Jembatan Nguling Ditarget Dikerjakan Bulan Depan

PERLU DIBENAHI: Sejumlah kendaraan melintas di jembatan Nguling, siang kemarin. Tahun ini BBPJN VIII berencana membenahi jembatan yang menjadi penghubung jalur pantura tersebut. (Foto: Mokhammad Zubaidillah/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

NGULING- Rencana Pemprov melakukan rekontruksi pada Jembatan Nguling, Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan semakin dimatangkan. Pemprov menyebut rekontruksi sendiri dilaksanakan sesuai urgensi di lapangan.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) BBPJN VIII wilayah Gempol-Pasuruan-Probolinggo, Rudy Napitupulu mengungkapkan, Jembatan Nguling bakal direkontruksi tahun ini. Penanganannya sendiri dengan melakukan expansion joint atau penggantian bahan seperti karet.

Balai Besar sejauh ini sudah berkoordinasi dengan pelaksana fisik. Dan sesuai dengan kesepatan, pengerjaan fisiknya bisa dilakukan paling lambat Juli mendatang. Saat ini, pelaksana masih menggarap yang dianggap lebih membahayakan.

“Tetap digarap tahun ini. Cuma memang pelaksana mendahulukan yang lebih urgensi dahulu. Kami sudah menghubungi mereka. Harusnya, dalam dua bulan ini sudah ada pengerjaan. Kami targetkan Juli mendatang sudah mulai digarap,” ungkapnya.

Rudy-sapaan akrabnya menjelaskan expansion joint ini untuk meredam getaran dan sifatnya tidak kaku. Saat panas, bahan ini akan memuai, namun ketika panas berkurang, maka bahan ini akan menekan dengan sendirinya.

Menurutnya, perbaikan ini dilakukan karena terdapat lekukan di landasan jembatan. Kondisi ini membuat pengendara kerap berhati-hati saat melintas. Di sisi lain, jembatan ini kerap dilewati kendaraan besar dan bertonase berat.

Perbaikan dengan sistem paket long segment yakni pelaksana ikut bertanggung jawab memperbaiki jalan yang dianggap membahayakan mulai dari wilayah Gempol, Kabupaten Pasuruan sampai Kota Probolinggo. Nilai anggarannya sendiri senilai Rp 25 miliar.

“Kami sebenarnya sudah melakukan perbaikan sementara dengan menambal jalan yang berlubang dan bergelombang. Kami tetap harus mengganti landasanya berupa aspal seperti karet agar lebih kuat,”terang Rudy. (riz/fun)