Personel Tim Kaliber Bakal Ditambah, Beban Kerja Juga Ditambah

PASURUAN – Pemkot Pasuruan terus mematangkan rencana penambahan lampu penerangan jalan lingkungan di sejumlah titik. Tak hanya itu, melainkan juga kebutuhan petugas dan fasilitas pemeliharaannya. Rencananya, tahun ini Pemkot menambah jumlah personel Tim Kaliber (kampung lingkungan bersih).

Sejauh ini, memang sudah ada dua Tim Kaliber. Namun masing-masing ditugaskan untuk menangani persoalan irigasi dan jalan lingkungan. Nah, penambahan personel nanti ditugaskan untuk menangani lampu penerangan jalan lingkungan (PJL).

“Rencananya tahun ini. Namun bertahap. Kami masih menunggu sarana pemeliharaannya. Masih diperlukan mobil tangga untuk operasional Tim Kaliber dengan personel barunya,” kata Kabid Permukiman Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Uung Maf’udi.

Dengan adanya mobil tangga sebagai sarana operasional itu, lanjut Uung, diharapkan personel Tim Kaliber nanti lebih optimal menjalankan tugas. Ia menyebut, penyediaan mobil tangga itu juga segera direalisikan tahun ini.

Menurut Uung, Pemkot telah menyiapkan anggaran senilai Rp 850 juta. Dana itu digelontorkan melalui APBD 2019. “Proses pengadaan akan dilakukan melalui e-katalog. Terkait kebutuhan itu, sudah kami ajukan. Tinggal menunggu hasilnya,” jelas Uung.

Nah, setelah mobil tangga tersedia, Pemkot akan merekrut personel tambahan untuk Tim Kaliber. Jumlah personel yang dibutuhkan juga tidak jauh dari komposisi saat ini. Sekitar 5 orang. “Mereka yang akan mobile dan memantau PJL yang telah dipasang. Jika ada trouble atau mati, dapat tertangani secepatnya,” pungkasnya. (tom/fun)