Dibagi 3 Kloter, Ini Jadwal Keberangkatan CJH Kabupaten Probolinggo

DRINGU-Kelompok terbang (kloter) sejumlah 905 calon jamaah haji (CJH) Kabupaten Probolinggo, sudah dipastikan. Mereka akan berangkat ke tanah suci dengan terbagi dalam tiga kloter. Yakni, kloter 13, 14, dan kloter 82.

Selain beda kloter, jadwal pemberangkatan mereka juga tidak sama. Kloter 13 dan 14  dijadwalkan berangkat pada 11 Juli mendatang. Sedangkan, kloter 82 dijadwalkan masuk asrama haji pada 4 Agustus.

Kepala Kemenag Kabupaten Probolingo Santoso melalui Kasi Haji dan Umrah Taufiq memgatakan, jadwal pemberangkatan CJH sudah ditetapkan. CJH Kabupaten Probolinggo masuk rombongan awal yang berangkat ke Makkah.

“Ada tiga kloter. Kloter 13 dan 14 berangkat tanggal 11 Juli dan sisanya ada 15 CJH masuk kloter 82. Mereka dijadwalkan masuk asrama haji pada 4 Agustus. Dijadwalkan 5 Agustus sudah terbang ke Makkah,” ujarnya kepada Jawa Pos Radar Bromo.

Taufiq menjelaskan, CJH yang berangkat pada 11 Juli, akan dilepas di wisata Miniatur Kakbah di Desa Curahsawo, Kecamatan Gending. Sedangkan, pelepasan jamaah kloter 82 masih akan dibahas. “Yang pasti nanti akan dilepas oleh Bapak Kepala Kantor (Kemenag),” ujarnya.

Rombongan kloter 82, kata Taufiq, merupakan CJH yang masuk daftar pelunasan tahap tambahan. Termasuk CJH yang mutasi masuk dari luar Kabupaten Probolinggo. “Kloter 82 itu nantinya gabung dengan rombongan calon jamaah dari luar Kabupaten Probolinggo,” ujarnya. (mas/rud)