Lapangan Petahunan Bakal Direhab, Anggarannya Miliaran

BAKAL DIBENAHI: Seorang pekerja tengah memotong rumput di Lapangan Petahunan. Tahun ini, lapangan tersebut bakal ditinggikan karena sering terendam saat hujan. (Dok. Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

PASURUAN – Pemkot Pasuruan kian serius memperhatikan sejumlah fasilitas olahraga yang ada. Selain melakukan pemeliharaan yang bersifat rutin, pemerintah juga terus meningkatkan kondisi fasilitas olahraga yang menjadi aset daerah itu.

Diantaranya yakni Lapangan Petahunan di Kecamatan Gadingrejo yang kerap dijadikan lokasi turnamen sepakbola. Meski kondisi lapangan secara keseluruhan masih baik, Pemkot menilai perlu dilakukan upaya peningkatan kondisi lapangan tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Pasuruan, Hardi Utoyo menyebut, peningkatan yang bakal dilakukan yakni meninggikan kontur tanah di area lapangan. Ia memastikan peningkatan lapangan itu akan direalisasikan tahun ini. “Saat ini masih dalam persiapan administrasi pelelangan,” katanya.

Hardi menyebut, berdasarkan survei yang dilakukan selama ini, kondisi lapangan sering terendam saat musim hujan. Hal itu menyebabkan kegiatan turnamen sepak bola yang biasa digelar disana terganggu.Apalagi, struktur permukaan tanah lapangan yang cenderung lebih rendah dengan permukaan jalan. Sementara, saluran air yang berada di sekeliling lapangan juga lebih tinggi.

Peningkatan lapangan nantinya akan dimulai dengan melakukan pengurukan tanah. “Pengurukan kisaran 65 sentimeter dari kondisi sekarang. Minimal bisa setara dengan tinggi jalan agar air yang mengalir di drainase tak meluber ke lapangan,” tambahnya.

Peningkatan kondisi lapangan itu akan dibiayai APBD. Dana yang telah disiapkan Pemkot saat ini senilai Rp 1,6 miliar. (tom/fun)