Lagi, 1 CJH asal Kabupaten Pasuruan Mengundurkan Diri

BANGIL–Jumlah Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Pasuruan yang akan berangkat ke tanah suci berkurang. Itu, setelah seorang CJH mengundurkan diri.

Padahal, CJH itu sudah melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH). Dengan begitu, total ada 9 CJH yang batal berangkat dari Kabupaten Pasuruan tahun ini.

Imron Muhadi, kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pasuruan mengatakan, CJH yang mundur itu memilih membatalkan keberangkatan tahun ini dan ditunda tahun depan.

“Dari 9 CJH yang mengundurkan diri itu, seluruhnya sudah melunasi BPIH dari tahap 1 sampai tahap 3  kemarin,” terangnya.

Dari 9 CJH Kabupaten Pasuruan tersebut, 2 CJH meninggal dunia. Sehingga, ahli waris mengajukan surat pengunduran diri dan seluruh BPIH diberikan ke ahli waris 100 persen.

Sedangkan, 7 CJH mengundurkan diri dengan berbagai alasan. Seperti menunggu mahrom seperti pasangan suami istri ataupun anggota keluarga sehingga bisa berangkat bersama-sama.

Untuk CJH yang mengundurkan diri atau menunda sudah secara resmi mengajukan surat permohonan dan tercatat di Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) secara online di Indonesia.

“Sehingga, meskipun sudah melunasi BPIH, sifatnya adalah menunda sehingga dipastikan masuk kuota haji tahun depan. Terkait biaya nanti tinggal mengikuti atau menambah BPIH tahun depan,” ujarnya. (eka/mie)