KPU Kota Probolinggo Kembali Buka Kotak Suara, Ini Pemicunya

KEMBALI DIBUKA: Ketua KPU Kota Probolinggo Ahmad Hudri (kanan) ketika membuka kotak suara pemilu di Gudang KPU di Jalan Anggrek, Kota Probolinggo, Selasa (18/6). (Rizky Putra Dinasti/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

MAYANGAN-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Probolinggo kembali membuka kotak suara hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Selasa (18/6), pembukaan kotak suara itu dilakukan berdasarkan Surat Edaran (SE) KPU RI.

SE bernomor 901 itu berisi tentang Penyelesaian Sistem Informasi Perhitungan Suara (Situng) Pemilu dan Penetapan Perolehan Kursi dan Calon Terpilih.

Ketua KPU Kota Probolinggo Ahmad Hudri mengatakan, SE KPU RI itu diperuntukan seluruh KPU kota/kabupaten se-Indonesia. Tujuanya, meng-update dan mempublis hasil pemilu. “Kepentingannya untuk publis di info pemilu yang merupakan bagian dari keterbukaan informasi publik,” ujarnya.

Menurutnya, di Kota Probolinggo, untuk hasil pemilihan presiden sudah 100 persen dan untuk DPR RI 95 persen. Sedangkan, untuk DPRD, DPR Provinsi, dan DPRD kota masih 92 persen. “Artinya, ada pekerjaan yang masih harus kami selesaikan sekitar 8 persen,” ujarnya.

Kendati demikian, Hudri mengatakan, pihaknya tidak perlu membuka dan menghitung ulang seluruhnya. Karenanya, KPU RI memperbolehkan KPU membuka kotak suara untuk melihat salinan dokumen yang masih kurang lengkap. “Selanjutnya, kami pindai dan kami publis di Situng. Waktu yang diberikan, sampai 21 Juni mendatang,” ujarnya.

Disinggung apakah ada kaitanya dengan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) yang kini di sidang di Mahkamah Konstitusi (MK), Hudri mengatakan, KPU RI memerintahkan seluruh KPU kota/ kabupaten menyiapkan penyuluhan alat bukti. “Kami sudah kirimkan alat bukti yang diperintahkan KPU RI melalui KPU Jatim sebagai alat bukti sengketa,” ujarnya.

Menurutnya, alat bukti itu berupa hasi rekap di tingkat kelurahan dan tingkat kecamatan. Termasuk form catatan khusus dan form keberatan. Serta, daftar hadir saksi di tingkat kecamatan dan kota. (rpd/rud)