Jalan Rusak Puntir-Ngembal Bakal Dikucuri Rp 11,4 M dari APBN

PURWOSARI-Warga yang protes kondisi ruas jalur Puntir-Ngembal, Selasa (18/6), bisa sedikit lega. Sebab, selain dijanjikan perbaikan dari sejumlah perusahaan di kawasan setempat, ruas jalan setempat di Kecamatan Purwosari dan Purwodadi juga bakal di-hotmix tahun ini.

Kepastian itu diungkapkan Camat Purwosari Eka Wara Brehaspati, disela-sela pertemuan dengan warga. “Untuk jalan yang saat ini rusak dan belum dicor, silakan diperbaiki dulu oleh perusahaan. Berikutnya, akan dimaksimalkan pemerintah dengan peningkatan jalan. Di ruas jalan dari Puntir ke Semut dan sebaliknya,” kata Eka –panggilan akrab Camat Purwosari-.

Menurutnya, tahun ini ada rencana peningkatan ruas jalan setempat. Anggarannya dari APBN senilai Rp 11,4 miliar. Nantinya, ruas jalan mulai simpang tiga Puntir, Desa Martopuro hingga Desa Semut, Kecamatan Purwodadi sepanjang sekitar delapan kilometer, bakal di-hotmix.

Ruas jalan setempat bukan hanya jadi jalur industri. Namun, juga jadi akses pertanian dan perkebunan serta jalur pariwisata. Baik dari Tutur maupun ke Bromo.

“Saat ini dalam proses lelang, informasinya start pekerjaannya diperkirakan September atau Oktober mendatang,” terangnya. (zal/mie)