Begini Cara Puskesmas Bulukandang Kampanyekan Ibu Sadar Asi

PRIGEN – Air susu ibu (ASI) sejatinya menjadi makanan pendamping yang harus banyak diberikan sebelum anak berusia 6 bulan. Pemberian Asi eksklusif ini bisa dilakukan oleh semua wanita yang baru melahirkan, tak terkecuali bagi wanita yang sedang bekerja.

Hal inilah yang menjadi fokus Puskesmas Bulukandang di Prigen. Puskesmas ini memiliki inovasi program Budarsi, kepanjangan dari Ibu Sadar ASI. Sebuah program pendampingan ibu hamil dan menyusui yang digagas oleh kader kesehatan.

Kepala Puskesmas Bulukandang drg. Gregory Reymond C menegaskan, dengan inovasi program Budarsi, cakupan ASI ekslusif di tahun 2018, meningkat sebesar 74 persen. “Tahun 2019 program Budarsi dikembangkan melalui upaya menjalin kerjasama dengan perusahaan yang ada di wilayah kerja Puskesmas Bulukandang. Meliputi berbagai kegiatan seperti penyuluhan ASI ekslusif dan kelas ibu hamil bagi karyawati perusahaan,” beber Gregory.

Penyuluhan ASI ekslusif ini diharapkan mampu memotivasi ibu bekerja untuk memberikan ASi saja sampai usia 6 bulan. Dengan begitu, anak-anak menjadi sehat.

Tiap kali sosialisasi digelar, program Budarsi juga memberikan tips-tips pemberian ASI ekslusif untuk ibu bekerja. Misalnya, menyempatkan untuk menyusui langsung; jika memungkinkan bayi dibawa ke tempat kerja; sebelum berangkat bekerja, ibu memerah ASI-nya kemudian disimpan dan diberikan selama ibu bekerja; menyimpan atau menabung ASI perah; hingga menghindari stres saat memulai pekerjaan.

“Tak hanya itu, ada pula tips cara meningkatkan produksi ASI. Mulai menjaga pola makan gizi seimbang bagi ibu menyusui, membersihkan puting dan melakukan relaksasi atau pijatan untuk memperlancar ASI, minum air putih setelah menyusui dan banyak lainya,” beber Gregory.

Dengan meningkatkan pengetahuan tentang ASI Ekslusif pada ibu bekerja, diharapkan dapat meningkatkan cakupan ASI ekslusif di Puskesmas Bulukandang. Selain itu peran serta keluarga dan masyarakat sangat diperlukan untuk keberhasilan pemberian ASI Esklusif utamanya pada ibu yang bekerja. (zal/fun)