Tinjau Titik Pantau Adipura di Probolinggo, Ini Sorotan Habib Hadi

KADEMANGAN – Sejumlah titik penilaian Adipura, mendapat perhatian dari Pemkot Probolinggo. Senin (17/6), Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin meninjau langsung sejumlah titik penilaian. Di antaranya, Terminal Bayuangga, Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) Ketapang, serta Pasar Ketapang. Lihat videonya disini.

TITIK PANTAU: Wali Kota Hadi Zainal Abidin saat meninjau di Puskesmas Ketapang, Senin (17/6). (Ridhowati Saputri/Jawa Pos Radar Bromo)

Di PKM Ketapang, Hadi melihat sejumlah ruangan. Mulai dari lobi PKM, ruang UGD, serta sejumlah fasilitas pendukung di PKM. Di Pasar Ketapang, Hadi menemui sejumlah pedagang untuk berbicara tentang kondisi pasar.

Kepada sejumlah awak media, Hadi mengatakan, tujuan pemantauan titik penilaian Adipura untuk melihat persiapan lokasi yang akan menjadi titik penilaian Adipura 2019. “Kami memiliki target agar tahun ini bisa kembali meraih Adipura. Kota Probolinggo telah 12 kali mendapatkan Adipura,” ujarnya.

Dari pemantauan ini, ada beberapa hal yang menjadi catatan dan perlu diperbaiki. Seperti masalah saluran air perlu segera dibersihkan. “Saluran air perlu diperhatikan kebersihannya. Namun, secara umum dari persiapan pemerintah sudah siap untuk penilaian Adipura. Tapi, perlu disiapkan juga kesadaran masyarakat terhadap lingkungan,” ujarnya.

Kesadaran masyarakat ini mendapat perhatian serius dari Wali Kota. Sebab, banyak masyarakat masih sembarangan ketika membuang sampah. Seperti puntung rokok dan plastik. “Masyarakat perlu menyadari pentingnya tentang kebersihan lingkungan. Masih ada tadi ditemui yang membuang puntung rokok sembarangn,” ujarnya. (put/rud)