Kuota Penerima BPNT di Kabupaten Pasuruan Bertambah 1.200 KPM

BANGIL – Pertengahan tahun 2019 ini, Kementerian Sosial (Kemensos) kembali menambah jumlah penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kabupaten Pasuruan. Bila awalnya ada 109.031 penerima, kini bertambah sebanyak 1.200 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Hal tersebut diungkapkan oleh Gunawan Wicaksono, Plt kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pasuruan. Ia mengatakan, sudah mendapatkan surat resmi terkait tambahan KPM untuk penerima BPNT tahun ini.

“Sudah pasti ada tambahan 1.200 kuota lagi pertengahan tahun ini, meskipun Juknis (petunjuk teknis, Red)-nya masih belum turun,” terangnya.

Dinsos sendiri, saat ini masih menunggu terkait nama dan alamat penerima tambahan BPNT itu. Jika sudah ada, maka nanti akan dilakukan penjadwalan juga terkait pemberian kartu BPNT.

Gunawan mengatakan, penambahan kuota ini lantaran Kemensos menambah penerima BPNT dari usulan verifikasi validasi (verval) warga miskin yang diusulkan pada akhir 2018 lalu.

Setelah verval tahun lalu, memang ada warga miskin yang belum masuk Basis Data Terpadu (BDT) di penerima BPNT awal tahun 2019 lalu. “Sehingga, yang belum dapat (BPNT) ditambah di kuota tambahan pertengahan tahun ini,” terangnya.

Meskipun belum ada kepastian kapan juknis turun, namun kemungkinan pendistribusian buku rekening dan kartu BPNT akan turun pada Juli mendatang. “Kalau sudah turun Juli, maka penerima bisa langsung mendapatkan Rp 110 ribu per bulan untuk ditukarkan beras dan telur di agen BPNT,” ujarnya. (eka/mie)