Jadi Partai Pemenang Pemilu, Nasdem Sebut Wanita Bisa jadi Ketua DPRD

KRAKSAAN – Penetapan caleg terpilih di Kabupaten Probolinggo diperkirakan akan dilakukan KPU setempat, Juli mendatang. Dari beberapa parpol peserta pemilu yang memenangi adalah Nasdem dengan perolehan kursi sebanyak 16 kursi.

Meskipun penetapan tinggal menghitung hari, Sejauh ini Nasdem masih belum menentukan siapa yang akan duduk sebagai posisi ketua DPRD. Untuk penentuan posisi, akan ada campur tangan dari DPP Nasdem.

Hal itu diungkapkan Rifa’i, Ketua DPD Nasdem Kabupaten Probolinggo. Sejauh ini pihaknya belum menentukan siapa yang akan dijadikan ketua DPRD. “Masih kami godok siapa yang pastas untuk duduk di kursi ketua,” ujarnya saat dikonfirmasi beberapa waktu lalu.

Menurutnya, dari enam belas caleg yang berhasil lolos tersebut, semuanya pantas untuk menduduki posisi itu. Namun, tentunya sebagai pemengang kendali di kursi legislatif harus benar benar mampu. Tidak sembarang orang bisa menduduki kursi tersebut.

“Semuanya punya kesempatan untuk menjadi ketua. Tetapi, kami tidak mau siapa yang akan duduk di kursi ketua itu orang yang tidak berkompeten. Jadi ya harus benar benar disaring dan dipilih siapa yang memang benar benar pantas,” tandasnya.

Saat ditanya mengenai apakah kemungkinan yang akan menduduki kursi ketua itu perempuan, Rifa’i menjelaskan, bisa saja itu terjadi. “Kalau memang mampu, kenapa tidak? Sekali lagi, kami tidak sembarangan untuk menunjuk atau memilih caleg menjadi ketua dewan. Tentunya dia harus benar benar kompeten. Mampu menyejahterakan anggota. Kareha itulah, kami tidak grusa grusu untuk memilih ketua,” tandasnya.

Jawa Pos Radar Bromo juga sempat menanyakan siapa saja yang potensi menjadi ketua kepada Rifa’i. Namun, kembali lagi ia mengatakan bahwa masih dalam penggodokan. “Saat ini masih dalam penggodokan siapa yang akan layak untuk duduk. Kembali lagi nanti yang menentukan DPP Partai,” ungkapnya. (sid/fun)