Atlet Triathlon Asal Kanigaran Raih Juara II Sungailiat di Bangka Belitung

PROBOLINGGO – Atlet renang asal Kota Probolinggo, Ronald Bintang Setiawan, berhasil raih juara II pada Sungailiat Triathlon. Dalam kejuaraan yang digelar di Bangka Belitung pada Sabtu (15/6) lalu, atlet usia 16 tahun asal Kanigaran itu juara II setelah mengalahkan 302 peserta dari segala umur atau kategori over all.

Dalam Sungailiat Triathlon, ada 16 negara yang ikut dengan total peserta 302. “Ke enam belas negara itu diantaranya Indonesia, Aljazair, Austria, Denmark, Prancis, Italia, Malaysia, Belanda, Rusia, Spanyol, Inggris, Amerika, Jerman, Jepang, Thailand dan Singapura,” terang siswa kelas 2 SMU Negeri I Dringu, Kabupaten Probolinggo itu.

Adapun kelas yang diikuti anak dari pasutri Agung Setiawan-Mardiana Wiji Astutik yakni Sprints Distance. Ronald harus menempuh 750 meter medan dengan cara berenang. Selanjutnya bersepeda sejauh 20 KM dan terakhir berlari sejauh 5 Km.

Dalam pertarunganya, saat sesi renang Ronal tertinggal. Ia berada di urutan ketiga. “Saat renang, urutan pertama Andi Gumilang, senior di pelatnas Triathlon yang sebelumnya atlet Asian Games. Urutan kedua Nikolas Frederik Rama, teman saya,” terangnya.

Selanjutnya memasuki sesi bersepeda, Ronald mampu menyaingi keduanya, bahkan Ronal mampu membuat gap 1 menit lebih dengan Andi. Sesi terakhir yakni lari, Ronald mengalami sebuah insiden. Ia bertabrakan dengan seseorang yang berhenti di depanya. “Tiba-tiba ada bapak-bapak yang berhenti di depan saya. Sehingga terjadi tabrakan,” terangnya.

Setelah insiden itu, Ronald harus mengejar lagi. Sampai KM 4, dia masih fight dengan Andi. Sayangnya pada KM terakhir, luka di kakinya mulai parah. Sehingga ia finish di urutan kedua. “Jadi urutan pertama Andi Gumilang, saya (Ronald Bintang Setiawan) dan teman saya (Nikolas Frederick Rama Van Kempen),” imbuhnya. (rpd/fun)