Tol Mapan Masih Gratis, Soal Tarif Pengelola Tunggu Kementerian PUPR

PURWODADI – Para pengendara yang hendak melintas di jalan tol Malang-Pandaan (Mapan), tak perlu memikirkan untuk membayar. Sebab, sejauh ini melintas di jalan bebas hambatan ini masih gratis.

Sejatinya, tarif gratis itu hanya berlaku sampai Lebaran 1440 Hijriah. Baik dari Singosari, Kabupaten Malang ke Pandaan, Kabupaten Pasuruan maupun sebaliknya. Namun, sampai Minggu (16/6) tarif nol itu masih berlaku karena belum ada keputusan dari Kementerian.

Hal ini ditegaskan langsung oleh Humas PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM) Agus Tri. “Awalnya tarif tol ini gratis hingga Lebaran. Tapi, sampai sekarang (Minggu) masih berlanjut. Karena tarif tolnya belum turun,” ujarnya.

Menurutnya, sejauh ini tarif tol Mapan masih proses pembahasan di Kementerian PUPR. Karenanya, pihaknya tidak bisa berbuat banyak dan hanya bisa menunggu penetapan dari Kementerian PUPR.

Terkait besaran tarif per kilometer berapa rupiah, Agus enggan menyebutkan. Alasannya, pihaknya hanya sebatas mengusulkan dan yang berhak menentukan pihak Kementerian. “Operasional tol ini sehari pasca peresmian oleh Presiden RI Joko Widodo. Bisa dikatakan masih sosialisasi sambil menunggu tarifnya turun,” ujarnya. (zal/fun)

 

SUDAH OPERASIONAL: Kendaraan yang melintas di tol Mapan. Tol ini masih gratis bagi pengendara yang melintasinya. (Mokhamad Zubaidillah/Jawa Pos Radar Bromo)