Tahun Ini Tambah Dua Gedung di MAN IC Pasuruan, Anggarannya Segini

GRATI – Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Pasuruan tahun ini kembali dikucuri anggaran Rp 18,2 miliar dari pemerintah pusat. Anggaran itu, rencananya dimanfaatkan untuk pembangunan tambahan dua gedung anyar. Yakni, gedung untuk student center dan pusat layanan terpadu.

Kepastian pembangunan dua gedung anyar itu diungkapkan oleh Muhammad As’adul Anam, kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pasuruan. Anam menjelaskan, tahap perencanaan itu sudah dipastikan selesai akhir Juni ini.

Selanjutnya, proyek penambahan dua gedung itu masuk tahap lelang. “Saya harap akhir bulan ini selesai perencanaan. Sehingga, Juli ini sudah bisa masuk tahap lelang,” terangnya.

Jika tahap lelang lancar, maka ditargetkan awal Agustus sudah mulai ada pengerjaan untuk pembangunan MAN IC Pasuruan tahap ke tiga ini. Anam menjelaskan, untuk tahun ketiga anggaran ini hanya akan membangun 2 gedung besar yang dikhususkan untuk kegiatan siswa.

Diketahui, proyek MAN IC merupakan proyek multiyears. Sebelumnya, di tahun pertama pembangunannya, MAN IC Pasuruan dapat kucuran sebesar Rp 3,5 miliar. Anggaran itu untuk pembangunan gedung kelas.

Pada tahun ke dua, proyek MAN IC dikucuri Rp 4 miliar. Anggaran itu dimanfaatkan untuk pembangunan gedung asrama. Nah, tahun ke tiga ini dari anggaran Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) cukup besar mencapai Rp 18,2 miliar.

Dari anggaran tersebut, Anam mengatakan hanya akan membangun 2 gedung. “Tahun ini untuk 2 gedung saja, namun gedungnya cukup besar. Untuk student center ini adalah gedung aula dan digunakan untuk pusat kegiatan. Misal untuk OSIS. Sementara untuk pusat layanan terpadu adalah gedung sport indoor yang dilengkapi sejumlah fasilitas,” terangnya.

Bila Agustus ini proyek tahap ke tiga sudah dimulai, Kemenag pun optimistis akhir 2019 bisa rampung. Tahun depan rencananya proyek MAN IC masih bakal berlanjut. Yakni, dengan penambahan asrama dan rumah guru. (eka/mie)