Menang Setelah Beberapa Kali Ikut Galatama, Segini Berat Ikan yang Didapat Juara 1

KADEMANGAN – Sungguh gembiranya hati Irfan Efendi. Angler yang mengikuti lomba mancing gelaran Bromo Fishing itu dinyatakan keluar sebagai pemenang Galatama, pada Sabtu (15/6) malam lalu. Pemancing yang turun di nomor lapak 5 ini berhak membawa pulang hadiah utama berupa uang tunai sebesar Rp 2 juta.

Galatama lele ini diikuti sebanyak 126 peserta yang berasal dari Probolinggo, Lumajang, dan Pasuruan. Irfan Efendi yang tergabung dalam Tim Brutal itu berhasil mengangkat lele seberat 1,941 Kilogram sekaligus menjadi lele terberat di antara peserta lainnya.

Ditemui seusai lomba, Efendi mengatakan bahwa dirinya sudah beberapa kali ikut Galatama ini. Tetapi baru kali ini menjuarai perlombaan yang digelar oleh bromo fishing ini.

“Ini merupakan kemenangan perdana saya setelah beberapa kali mengikuti Galatama. Tidak ada rahasia khusus untuk memenangkan perlombaan ini, hanya rezeki saya hari ini. Hadiah akan saya pergunakan untuk ikut perlombaan lagi pekan depan,” ujarnya.

Ajang Galatama lele ini selalu menjadi magnet warga. tidak hanya peserta yang datang ke kolam pancing, penonton juga meramaikan galatama ini hingga halaman kantor Jawa Pos Radar Bromo penuh sesak.

“Kami sudah tambah lapak di kolam pancing ini. Awalnya 114 menjadi 126 lapak karena antusiasme peserta sangat tinggi, kasihan peserta datang jauh-jauh kemudian tidak kebagian lapak,” ujar Ainul Mashudi selaku ketua panitia galatama.

Perlombaan dimulai pukul 21.22 dan berakhir 22.52. Sebanyak 190 kilogram lele dilepas dalam kolam bertahap dalam dua kali jok. Untuk jok pertama 55 kilogram dan 135 kilogram di jok kedua. Masing–masing jok diberikan waktu 45 menit. Perlombaan juga di meriahkan dengan pembagian bonus tarikan sehingga peserta menjadi lebih semangat.

Dari dua jok yang telah dilaksanakan, diambil tujuh lele yang mempunyai bobot terberat dan memenuhi syarat penilaian yang diberikan oleh panitia.

Juara pertama akhirnya jatuh kepada Irfan Efendi lapak nomor 5 berhak membawa pulang uang tunai Rp 2 juta, kedua Otoy lapak 96 berat lele 1.887 kilogram mendapatkan uang sebesar Rp 800 ribu, ketiga Niman Gempa lapak 61 berat lele 1.822 kilogram mendapatkan uang sebesar Rp 400 ribu, keempat Pradana lapak 34 berat lele 1.710 kilogram mendapatkan uang sebesar Rp 200 ribu, kelima Sesek lapak 92 berat lele 1.697 kilogram mendapatkan uang sebesar Rp 100 ribu, keenam Sesek lapak 93 berat lele 1.673 kilogram mendapatkan uang sebesar Rp 75 ribu, dan ketujuh Pentol Balap lapak 29 berat lele 1.611 kilogram mendapatkan uang sebesar Rp 75 ribu. (mg1/fun)