Kemenag Target Kartu Nikah Bisa Diterapkan Tahun Depan

PASURUAN – Rencana Kementerian Agama (Kemenag) RI menambah bukti pernikahan dengan kartu nikah sudah mulai diberlakukan. Namun, Kemenag Kabupaten Pasuruan masih menunggu petunjuk teknis (juknis) dari pusat di daerah. Targetnya tahun depan sudah diimplementasikan di Kabupaten Pasuruan.

Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Kemenag Kabupaten Pasuruan Usman mengatakan, rencana kartu nikah sudah disosialisasikan ke Kemenag daerah sejak 2017. “Namun, implementasinya di Kabupaten Pasuruan belum,” ujarnya.

Menurutnya, untuk menikah, pasangan yang menikah tetap akan mendapatkan buku nikah. Kartu nikah ini untuk memperlengkap. Karena selama ini buku nikah sulit dibawa kemana-mana. Sehingga, adanya kartu nikah bisa menjadi solusi sebagai bukti pernikahan. Ditambah saat ini cukup berkembang bisnis syariah. Mulai wisata syariah sampai hotel syariah. Biasanya, pasangan diwajibkan menunjukkan bukti nikah.

Usman mengatakan, kartu nikah nantinya akan berbentuk seperti e-KTP. Ada barcode, sehinga bisa dicek lewat website, benar tidaknya pasangan tersebut sudah menikah. Sejauh ini, baru beberapa wilayah yang sudah mengimplementasikan kartu nikah.

“Setahu saya masih di kota-kota, untuk kabupaten belum. Kemungkinan untuk Kabupaten Pasuruan, targetnya tahun 2020 sudah mulai ada. Sehingga, pasangan menikah ke mana-mana hanya membawa kartu nikah, tak perlu membawa buku nikah,” ujarnya. (eka/fun)