Jalan Winongan-Gondangwetan Ditarget Digarap Bulan Depan

WINONGAN – Rencana Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Kabupaten Pasuruan memperbaiki Jalan Winongan-Gondangwetan, terus dimatangkan. Proyek senilai Rp 7 miliar ini diharapkan bisa mulai dikerjakan pada bulan depan.

Dari pantauan Jawa Pos Radar Bromo, jalan rusak di Gondangwetan menuju Winongan sebagian yang berlubang sudah ditambal sulam pada Mei lalu. Namun, masih ada titik-titik yang rusak. Terutama di Desa Tenggilisrejo, Kecamatan Gondangwetan dan di Desa Mendalan, Kecamatan Winongan.

Warga Desa Ranggeh, Kecamatan Gondangwetan Surahman, 45, mengatakan, sebelumnya kerusakan Jalan Raya Gondangwetan-Winongan di Desa Ranggeh banyak berlubang.

“Meski sudah ada tambal sulam, tapi masih ada yang bergelombang,” ujarnya. Pihaknya berharap jalan ini bisa segera diperbaiki secara permanen. Alasannya, perbaikan jalan dengan cara tambal sulam tidak akan bertahan lama.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Kabupaten Pasuruan Hari Apriyanto mengatakan, bulan Mei-Juni ini sudah dalam tahap lelang. “Kalau lelang berjalan lancar, target kami Juni sudah teken kontrak, sehingga Juli sudah ada pengerjaan,” ujarnya.

Perbaikan jalan di Winongan ke arah Gondangwetan, akan dimulai dari Pertigaan Desa Gading, Kecamatan Winongan ke arah Gondangwetan. Proyek ini dialokasikan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Pusat sebesar Rp 7 miliar. Perbaikan jalan ini merupakan untuk memperbaiki jalan dari Desa Gading, Kecamatan Winongan ke arah Gondangwetan sampai Desa Ranggeh.

Hari mengatakan, sebelumnya perbaikan jalan ini diharapkan sudah bisa digarap pada April. Namun, karena ada aturan baru harus melengkapi sertifikat Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3), lelang baru bisa dilakukan pada Mei-Juni. “Kalau Juli sudah pengerjaan, target empat bulan selesai. Sehingga, perkiraan triwulan empat sudah bisa selesai,” ujarnya. (eka/fun)