Harga Bahan Pangan Kembali Normal usai Lebaran, Pembeli Ikut Senang

KRAKSAAN – Harga kebutuhan bahan pokok di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Probolinggo kembali normal usai Lebaran. Sebagian bahan pokok stabil.

Kondisi tersebut tentu membuat senang pembeli kebutuhan bahan pokok. Mereka bisa berbelanja tanpa mengkhawatirkan harganya meroket, yang sempat terjadi menjelang Lebaran lalu.

Seperti yang terjadi di pasar tradisional Semampir, Kecamatan Kraksaan. Beberapa harga bahan pokok di pasar ini harganya stabil. Seperti halnya cabai rawit saat ini harganya sekitar Rp 14 ribu perkilogram, Tomat Rp 6 sampai 7 ribu perkilogram, kentang Rp 8 sampai 10 ribu perkilogram.

Mustofa, salah seorang pedagang di pasar tersebut mengatakan, stabilnya harga tersebut terjadi lantaran antara pemintaan dan stok barang aman. Sehingga, tidak membuat harga menjadi naik. ” Tidak ada kenaikan atau penurunan,” ujarnya.

Mendapati hal tersebut, Emi, salah seorang pembeli mengaku senang dengan stabilnya harga itu. Menurutnya, ia setiap hari membeli sayuran di pasar tersebut guna memenuhi kebutuhan sehari harinya.

“Tentunya senang ya. Karena tidak khawatir harga naik. Setiap hari saat ini sudah stabil,” katanya.

Emi menjelaskan, harga yang ada saat ini jauh lebih baik dibandingkan sebelum Lebaran. Saat itu, ada bahan pokok yang harganya cukup tinggi. Sehingga, sempat membuat keresahan masyarakat, seperti dirinya.

Tetapi, kali ini hatganya sudah berangsur angsur membaik. “Kalau seperti ini tidak khawatir lagi. Mau belanja banyak kan aman harganya. Kalau sebelum Lebaran, agak takut belanja banyak. Belum lagi mikir persuapan lebaran,” ungkapnya.

Sebagai ibu rumah tangga, Emi berharap harha bahan pangan tetap seperti saat ini. Tidak ada kenaikan yang berarti. “Sebagai ibu rumah tangga seperti itu. Kalau naik kasian suami saya yang bekerja. Dia harus berusaha agar mendapatkan uang banyak supaya makan enak,” tambahnya. (sid/fun)