Bawaslu Pastikan Tak Ada Sengketa Pemilu di Kab Probolinggo

KRAKSAAN – Bawaslu Kabupaten Probolinggo memastikan tidak ada sengketa pemilu di daerahnya. Kepastian tersebut didapatkan dengan melihat, sampai saat ini tak ada pihak yang menggugat dari proses pemilu pada 17 April lalu. Terlebih, saat ini telah habis masa pendaftaran gugatan sengketa pemilu.

Hal itu disampaikan langsung Ketua Bawaslu setempat Fathul Qorib. Pihaknya memberikan batas waktu bagi para peserta pemilu guna melakukan gugatan kepada Mahkamah Konstitusi (MK) jika tidak puas dengan hasilnya. Untuk capres-cawapres batas akhirnya yaitu pada 24 Mei lalu. Sedangkan untuk Pilleg batas akhir pengajuan gugatan yaitu pada 31 Mei.

“Hhingga sekarang tidak ada yang menggugat. Itu artinya, pemilu di Kabupaten Probolinggo, hasilnya diterima oleh semua peserta,” katanya.

Qorib sapaan akrabnya menjelaskan, hingga batas akhir pengajuan gugatan PHPU kepada MK, pihaknya tidak menemukan adanya peserta pemilu yang melakukan gugatan. Baik dari DPRD Kabupaten, Provinsi dan juga DPR-RI.

“Kami tidak menemukan ada yang melaporkan. Semuanya menerima,” ungkapnya.

Dengan demikian, pihaknya memastikan tidak ada yang tak puas dengan hasil pemilu di Dapil Probolinggo. Semua peserta, khususnya Legislatif, menerima hasil pemilu. “Kalau tidak ada laporan kan berarti menerima. Ini artinya tinggal menunggu penetapan saja,” jelasnya.

Pemilu serentak tahun ini sudah secara resmi digelar pada 17 April lalu. Meskipun cukup berat karena melangsungkan lima pemilihan sekaligus, pemilu di Kabupaten Probolinggo berjalan aman dan lancar. Saat ini, semua peserta masih menunggu penetapan caleg terpilih oleh KPU setempat.

Sementara itu, Lukman Hakim slaku Ketua KPU setempat menjelaskan, penetapan sendiri masih akan dilakukan pada bulan depan. Yaitu antara tanggal 2 hingga 4 Juli mendatang. Itupun, dilakukan setelah dipastikan pada tanggal 1 Juli secara resmi tidak ada sengketa pemilu.

“Kami masih menunggu pada tanggal 1 Juli apakah tidak ada sengketa pemilu. Kalau tidak ada tentunya akan kami lakukan penetapan,” jelasnya. (sid/fun)